Dapur Solo Ahlinya Masakan Jawa

13.34.00 wawaraji 5 Comments

Tahun 1988 cabang pertama di daerah Sunter di buka, bermula dari sebuah garasi rumah ibu Swan yang kala itu hanya menjajakan jus dan rujak kini sudah mempunyai gerai 36 cabang yang tersebar di Jabodetabek dan Bandung. Hhhmm siapa sih yang saya maksud? Tidak lain dan tidak bukan, Dapur Solo Ahlinya Masakan Jawa.

Dapur Solo Mall Artha Gading

Sebuah perjuangan yang tidak pernah mengkhianati hasil, dari bisnis rumahan sampai kini tahun 2023, 35 tahun kemudian, sudah menyebar di Jabodetabek dan Bandung, baik di dalam Mall maupun stand alone store.

Ny. Swan, seperti yang tertera di atas logo Dapur Solo adalah foundernya. Kenapa tiba-tiba saya bahas ini? Jujur rasa kepo ini tidak tertahankan kalau melihat sesuatu yang belum saya ketahui semisal kenapa ada nama beliau di setiap logo Dapur Solo, beruntung ada mas Putra, Brand Manager Dapur Solo yang menemani kami dan memberikan penjelasan secara detil.

Kalau beberapa kali saya tulis Dapur Solo Ahlinya Masakan Jawa, karena memang menu yang ada mewakili sebagian besar makan di daerah Jawa. Jadi bukan hanya dari Solo, Jawa Tengah aja.

Ini bukan pertemuan pertama saya dengan Dapur Solo, tapi ini kali pertama bisa komunikasi langsung dengan pihak manajemen Dapur Solo agar bisa mendapatkan informasi terupdate dari Dapur Solo, salah satunya menu MABAR yang merupakan akronim dari Makan Bareng.

Oke saya ceritain dulu secara runut dari awal, jadi kami (saya dan beberapa teman) udah janjian untuk ketemu di Dapur Solo cabang Mall Artha Gading. Aiiihh, jaraknya lumayan nih dari kediaman saya di daerah perbatasan Jakarta Selatan dengan kota Tangerang. Namun demi menyambung silaturahmi, cuuuss lah, beruntung bisa lewat akses tol yang mempersingkat perjalanan kami.

Jarak bukan masalah untuk silaturahmi

Setelah sampai di Mall Artha Gading, saya langsung menuju lobby Nusantara, karena akses ini paling mudah kalau kita ingin ke Dapur Solo. Tinggal belok kearah kiri, jalan terus sampai ketemu ekskalator, naik satu lantai, sampailah di Dapur Solo. Gampangkan?

Poin plus dari Dapur Solo Mall Artha Gading adalah, lokasi yang dekat dengan Musholla. Gak usah khawatir ketinggalan ibadah, terlebih saat bulan Ramadan.

Kap Lampu Beranyaman Bambu Ciri Khas Dapur Solo

First impresi saya pas lihat Dapur Solo adalah, layout tempat duduknya tertata rapi tapi tidak terlihat padat. Kalau diperhatikan ada sekitar 4 layout atau bagian. Bagian pertama atau sisi kanan ada di dekat area kasir. Lalu ada bagian tengah yang menghubungkan sisi kiri dan masih ada layout di bagian selasar Mall tepat di depan outlet Dapur Solo.

Layout sisi kiri, cocok banget kalau di booking untuk acara keluarga 15-20 orang seperti yang kami lakukan saat main ke Dapur Solo Mall Artha Gading.

Yang menarik dari desain interior Dapur Solo adalah kap lampu beragam bentuk yang terbuat dari anyaman bambu. Bukan hanya saya yang merasa kalau kap lampu ini menarik pandangan mata untuk melihat lebih detail dan seakan menyatu dengan konsep toko yang modern minimalis. Kap Lampu anyaman bambu ini langsung di beli dari pengerajin di Solo.

Dan menurut mas Putra, ornament kap lampu anyaman dari bambu ini akan menjadi ciri khas di semua outlet Dapur Solo.

Menu MABAR-Makan Bareng Dapur Solo

Kalau ada ketemuan sama teman, berapa kira-kira budget yang kalian keluarkan untuk makan dan minum di sebuah Mall besar di Jakarta?

Sungguh tak rugi MABAR di Dapur Solo

Sebagai gambaran, beberapa hari lalu seorang kawan bikin status, “Ngopi sama Makan Roti Mahal beutt ya” Sambil memposting struk harga dengan nominal lebih dari 70 ribu. 

Sejujurnya saya gak kaget, karena sebagai penikmat kopi, udah paham banget standar harga segelas hot cappuccino di outlet yang berada di mall besar.

Sekarang kalian kaget gak, kalau misal bayarnya cuma 60 ribu tapi dapat makan besar (nasi) dan lauk tengah beraneka macam, plus minum es lemon tea grass dan bonus es campur? Trus kita bisa ngobrol santai sama teman atau keluarga tercinta.

Kalau kalian mau kaget seperti saya, cobain deh menu MABAR di Dapur Solo. Ada MABAR-4 dan MABAR-6, bedanya apa?

MABAR-4 itu porsi untuk 4 orang dan MABAR-6 porsi untuk 6 orang. Tentunya dengan menu yang berbeda.

MABAR-4 dengan harga 220 ribu (belum termasuk pajak) kita udah dapat, nasi putih, es lemon tea grass 4 porsi, satu porsi Ikan Gurami Goreng, Soto Ayam, Oseng Buncis Ayam Pedas, Tempe Goreng Tepung, sambal terong dan bonus 1 porsi es campur solo.

MABAR-6 harga 300 ribu (belum termasuk pajak), menu yang kita dapat, 6 porsi nasi putih dan es lemon tea grass, 1 porsi sop ikan asam pedas, soto ayam, oseng buncis ayam pedas, tempe goreng tepung, sambal tempe dan bonus 2 porsi es campur solo.

Informasi lengkap menu MABAR Dapur Solo

Karena kami datang berlima, buat cari aman kita pesan MABAR-6 dan ternyata ludes tak bersisa. Semua punya jagoan masing-masing ada yang lahap makan soto ayam, ada yang senang oseng buncis ayam pedas dan yang pasti (saya) suka banget sama sop ikan asam pedasnya. Sayangnya saya lupa tanya, ikan apa yang digunakan, apakah patin atau gurami.

Menu MABAR dari Dapur Solo, saya rekomendasikan untuk kalian yang mau buka puasa, meet up atau halal bil halal saat idul fitri atau bisa juga jadi pilihan ketika si mbak masih ada di kampung dan kita lagi malas buat masak di rumah.

Menu MABAR ini akan ada sampai tanggal 15 Mei 2023, jadi masih banyak waktu untuk bisa mendatangi Dapur Solo yang terdekat dari kediaman kalian.

Kalau ada yang mempertanyakan status kehalalan (kurang lebih) 70 menu yang ada di Dapur Solo, jangan khawatir sudah ada sertifikat halal dari MUI dan pihak berwenang lainnya.

Formasi lengkap MABAR-6 Dapur Solo

Managemen Dapur Solo komitmen untuk terus menjaga kehalalan produk mereka, bahkan pihak Dapur Solo tidak segan menghapus menu jika rekanan penyedia bahan makanan tersebut belum bisa memperlihatkan sertifakat halal.

Walau makanan tersebut merupakan best seller, tapi tetap akan di turunkan dari daftar menu seluruh cabang Dapur Solo. Dan ini sudah terjadi terhadap beberapa menu makanan yang terpaksa dihapus dari daftar menu.
Sambal tempe yang pedasnya di luar perkiraan saya, tapi ini enak.

Sekedar informasi tambahan, untuk cabang stand alone store Dapur Solo, bisa di booking untuk acara meeting, ulang tahun, ghatering ataupun resepsi karena memang lokasinya yang memungkinkan. Cabang Dapur Solo yang berkonsep stand alone store ada di Sunter Astra, Matraman, Mampang dan Panglima Polim.

Jadi kapan kita MABAR di Dapur Solo?

You Might Also Like

5 comments:

sarrahgita mengatakan...

wih menu-menu di dapur Solo tampak menggiurkan ya. Cocok banget nih buat makan barang sama teman ato keluarga. Praktis pula tinggal pesen paket, udah lengkap makanan berat, minum sama dessertnya

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Kalau makannya rame-rame, saya pun selalu memilih menu paket. Karena jadinya bisa mencoba banyak menu. Harga di Dapur Solo, termasuk gak mahal juga ternyata.

hallobia mengatakan...

Menunya enak enak semua kelihatannya. Nilai plus banget sih menurutku kalau rumah makan menyediakan menu paketan. Jadi pada ga bingung dan riweh mau milih apa

Dita Indrihapsari mengatakan...

Wah, ternyata Dapur Solo udah lama juga ya mba.. Menu-menunya juga menu Nusantara ya.. Kalau bareng keluarga atau teman aku juga suka milih menu barengan kalau ada. Pas nih di Dapur Solo ternyata juga ada menu paketan yg bisa dinikmatin bareng-bareng :D

Ulfi mengatakan...

Asliiii 200 bisa berempat???

Sekarang kalau makan di luar berdua aja suka sampe 200an.. Boleh nih di coba Dapur Solo ini..