Kerja di Rumah Tanpa Batas UNLIMITED 24 Jam di Semua Aplikasi

14.42.00 wawaraji 0 Comments




Sudah berapa lama menahan diri di rumah saja? Kalau saya sih lumayan lama bahkan sebelum pandemi karena kondisi kesehatan yang mengharuskan saya membatasi aktivitas.  Begitu pandemi “memaksa” setiap orang swa karantina, jujur saya semakin terbiasa berdiam diri dan bekerja di rumah. Justru pandemi melahirkan banyak ide kegiatan dan pekerjaan daring, tentu saja mengandalkan internet.  Berbekal paket data di ponsel pintar, banyak pekerjaan virtual yang menyelamatkan dari kejenuhan semasa pandemi ini. 

Jenuh tentu menjadi masalah selama pandemi yang akhirnya membuat banyak orang beradaptasi dan mengubah kebiasaan. Biasanya bekerja di kantor atau sesekali di kedai kopi, saat ini kita beradaptasi work from home. Pekerjaan jadi lebih ringan dan menyenangkan, dan tentu saja berjalan lancar dengan pendukung yang baik.  Paket data internet salah satunya.  Kok paket data? Enggak boros? 

Enggak, karena saya hanya berdua dengan suami di rumah dengan pekerjaan daring masing-masing. Kalau dihitung, boleh jadi pengeluaran internet akan sama besarnya kalau kami menggunakan provider internet. Alasan lain yang membuat kami nyaman internetan dengan paket data adalah, nyaris enggak ada gangguan berarti yang bikin emosi. Tahu dong, masa pandemi saat semua orang WFH dan SFH, sempat viral keluhan pengguna internet ke layanan provider internet. Sekalipun ada gangguan internet dengan paket data, minim sekali, bagi kami.

Pilihan paket internet yang tepat, adaptasi kebiasaan baru yang cepat, membuat WFH semasa pandemi makin menantang. Jujur, saya sempat kebingungan dan merasa gaptek dengan segala cara kerja daring yang lebih menuntut banyak kemampuan baru di masa pandemi. Sebut saja, meeting melalui video conference, bahkan menjadi host webinar. 

Berkat dukungan internet yang mumpuni, pekerjaan daring jadi serba mudah. Saya jadi belajar hal baru mulai event virtual bareng komunitas yang saya dirikan lima tahun lalu,  bersama anggota di beberapa daerah di Indonesia.  Pekerjaan virtual kemudian makin membutuhkan banyak fasilitas pendukung teknis lainnya. Seperti webcam agar tampilan visual maksimal, headset supaya audio makin jernih, lampu demi tampilan lebih baik saat membawakan materi di kelas daring.

Setelah semua alat pendukung terpenuhi, satu hal yang paling penting terjaga kestabilannya adalah koneksi internet. Tantangan bekerja online di era pandemic ini adalah jaringan internet yang aman dan bikin nyaman. Saya pun berani menerima peluang pekerjaan daring seperti kelas online, moderator event, hingga pelatihan yang membutuhkan waktu panjang berinteraksi di ranah virtual. Koneksi internet tentunya faktor pendukung kerja yang utama di era digital masa pandemi.

Bagi saya yang tinggal di batas kota Jakarta dan Tangerang, sebenarnya tak sulit mendapatkan akses internet yang mumpuni. Namun urusan memilih operator telekomunikasi memang butuh teliti. Apalagi saat ini banyak sekali pilihan. Meski hampir semuanya memberikan penawaran terbaik, namun terbaik menurut provider belum tentu tepat untuk kita bukan?


Ini yang saya lakukan untuk memastikan enggak salah pilih provider yang mendukung kerja kreatif digital di rumah:

DETIL BACA INFORMASI

Setiap provider pasti punya keunggulan dan nilai jual. Tugas kita sebagai konsumen adalah membaca detil setiap informasi yang tersedia agar tak salah pilih apalagi kecewa setelah menentukan pilihan. Jangan hanya baca “bahasa iklan” dengan tulisan berukuran besar yang menarik perhatian. Justru, jeli teliti membaca keterangan atau informasi dengan ukuran tulisan yang lebih kecil karena biasanya informasi penting ada di sana.

SESUAIKAN KEBUTUHAN PRIBADI

Coba cek semua operator, kata kunci yang hits sekarang adalah UNLIMITED. Semua operator punya paket unlimited, tapi yang jadi pertanyaan, seberapa unlimited paket tersebut? Seperti apa syarat ketentuannya. 

Saking penasarannya saya kepoin satu-satu paket yang ada. Bukannya tercerahkan malah pusing sendiri, karena saya belum tahu apa yang dibutuhkan. Jadi saran saya, tentukan dulu apa yang kita mau  sebelum membandingkan. 

Kalau saya, sangat membutuhkan fleksibilitas layanan. Tidak hanya unlimited untuk membuka platform sosial media saja kalau quota utamanya sudah habis. Memangnya ada yang seperti itu? Ada dong, coba deh cek, jadi kalau kuota utamanya habis, yang bisa kita akses hanya WA, FB, IG, Youtube, Line, Tiwtter, dan beberapa aplikasi streaming music.

Lahh terus kalau saya mau browsing, untuk mencari referensi gimana dong, masa mau numpang wifi tetangga? Belum lagi kalau saya harus meeting online, waah ini sih enggak mungkin deh. Ada gak sih yang UNLIMITED 24 jam di semua aplikasi?

Belajar dari pengalaman selama internetan di masa pandemic, tahu enggak berapa besar kuota internet untuk satu jam meeting online melalu aplikasi zoom meeting?

Untuk mengunggah video, misal kita jadi pembicara, dalam satu jam butuh waktu kurang lebih 500MB. Nah, kalau interaksi dengan lawan bicara maka kuota yang kita pakai untuk mengunduh video lawan bicara selama satu  jam kurang lebih 500 MB. Jadi total 1 GB untuk satu jam, itu kalau komunikasi dua arah dan hanya berdua. Kebayang enggak kalau ada sepuluh orang dan semuanya mengaktifkan video? Hitung sendiri aja ya. Saran saya, jika memang tidak dibutuhkan, matikan saja video dan audio agar lebih irit kuota bagi Anda dan lawan bicara.

 


Setelah bolak-balik baca syarat dan keterangan paket unlimited dari lima  provider besar (ini beneran saya baca semua loh) dan sampai tulisan ini saya buat belum ada update terbaru perubahan paket, pilihan saya jatuh ke smartfren #UnlimitedBisaSemua, kenapa?

Alasannya karena #UnlimitedBisaSemua dari smartfren masih bisa dipakai browsing, enggak hanya akses sosial media saja. Istilahnya UNLIMITED 24 Jam di semua aplikasi. Selain itu smartfren #UnlimitedBisaSemua juga tidak terhambat disemua lokasi, dihari apapun selama 24 jam dan tentu saja cocok untuk digunakan semua orang.

Produk smartfren UNLIMITED juga punya skema yang unik. Dari informasi yang saya dapatkan, kuota smartfren UNLIMITED bukan aktif ketika kuota utama sudah habis, tapi sudah aktif dari awal. Setelah saya pelajari, saya ambil kesimpulan, #UnlimitedBisaSemua dari smartfren memberikan kuota  unlimited FUP (Fair Usage Policy) pemakaian wajar dalam satu hari sebesar 1GB. Kalau sudah lewat dari 1GB dalam sehari, kuota utama kita terpakai. Begitu seterusnya sampai 28 hari ke depan.

Harga paket dari smartfren UNLIMITED ini juga juara. Mulai dari Rp 100.000 untuk 30 GB, sampai yang termurah Rp 30.000 untuk 6 GB. Semua dengan skema unlimited yang sama. Gimana, kamu udah bandingin paket unlimited yang lain? Kalau saya sih nyaman pakai smartfren #UnlimitedBisaSemua  

Kalau masih bingung mengenai smartfren UNLIMITED cek langsung aja ke smartfren UNLIMITED buat kalian yang sudah menggunakan smartfren #UnlimitedBisaSemua kalian bisa makin untung karena ada kesempatan untuk dapetin CASHBACK 100% setiap pembelian pulsa atau paket data dimana saja, bikin sumringah deh.

You Might Also Like

0 comments: