Suvenir Wisata Goesar, Kenangan Khas dari Indonesia

23.39.00 wawaraji 2 Comments



Berwisata keliling Indonesia, rasanya tak lengkap kalau kembali pulang tanpa bawa benda kenangan. Biasanya, setiap kali mengunjungi berbagai kota di Indonesia, oleh-oleh makanan khas daerah menjadi andalannya. Meski makanan khas daerah kini bisa didapat di mana saja tanpa harus ke kota tersebut, tetap saja membawa buah tangan langsung dari daerahnya punya sensasi tersendiri.

Selain makanan, biasanya, kalau saya, suka koleksi kain atau batik daerah yang saya kunjungi. Atau pernak pernik khas daerah tersebut.

Namun belakangan, setiap kali traveling, saya sudah mulai mengurangi membeli buah tangan. Selain mulai menolak repot membawa banyak barang, saya pun mulai bosan. Ingin mencari sesuatu yang khas, sebagai suvenir kenangan berwisata, unik, tapi terjangkau, dan enggak repot membawanya. Tapi memang sulit menemukannya.

Kalau ke Bali misalnya, paling praktis beli magnet kulkas. Saya pernah beli di toko suvenir tapi tak puas karena belum juga digunakan, sudah lepas magnetnya.

Itu kalau saya yang jalan-jalan. Nah, kalau ada teman dari luar kota datang ke Jakarta atau ke Tangerang, Banten, kampung halaman saya, bingung juga memberikan kenangan khas. Pernah saya ke Monas, kebanyakan suvenir yang tersedia kaos bergambar ikon ibukota, tapi saya kok enggak tertarik membelinya. Sebenarnya, kaos bergambar ikon kota/daerah, praktis untuk jadi suvenir wisata. Namun, itu tadi saya bilang, saya mulai bosan.

Saking bosannya, pilihan saya kadang mentok di aksesoris yang khas dan mudah dibawa, bisa membeli jumlah banyak dengan harga terjangkau, unik, dan tak repot membawanya pulang dalam perjalanan. Namun, aksesoris seperti gelang, kalung, identik dengan perempuan. Bagaimana dengan teman/sahabat/keluarga laki-laki?

Suvenir wisata nyatanya memang penting ada. Terutama jika ada turis lokal/asing yang datang ke kota kita, atau ke Indonesia, yang rasanya menyenangkan kalai kita bisa berikan kenangan kepada mereka.



Pentingnya Suvenir Wisata

Sebagian masyarakat Indonesia, sebagian saya bilang tidak semuanya, senang berwisata lalu membawa pulang kenangan untuk orang tersayang di rumah, termasuk saya. Apalagi jika pergi ke luar negeri. Saya bisa bilang suvenir wisata penting untuk kenangan perjalanan.

Sewaktu ke Malaysia, saya ke pusat suvenir di China Town, dan membeli magnet kulkas yang selalu jadi andalan suvenir wisata. Harganya tak terlalu mahal, dan barangnya masih memenuhi standar saya untuk dijadikan buah tangan ke orang terdekat. Artinya, barangnya cukup berkualitas dan saya tak merasa malu membagikannya.

Jujur, di Indonesia, saya belum menemukan kualitas magnet kulkas yang baik. Seringnya saya menemukan suvenir wisata berupa magnet kulkas yang kualitasnya mengecewakan. Alhasil tak jadi saya berikan ke teman kesayangan.



Bertemu dengan Goesar Tourist Souvenir bikin saya senang. Di hari kedua Ramadhan, tepatnya 28 Mei 2017, saya hadiri peluncuran suvenir wisata buatan PT Goesar Trading Persada. Di restoran Rarampa Mahakam, hadir pemilik perusahaan asli Indonesia ini, Christman Desanto Goesar, yang mengenalkan langsung suvenir wisata bermerek Goesar.

“Akhirnya” saya membatin. Ada suvenir wisata yang kualitasnya seperti suvenir yang saya beli di luar negeri, khususnya magnet kulkas andalan saya. Sewaktu ke Malaysia, saya beli magnet kulkas twin tower yang menjadi ikon Kuala Lumpur. Nah, suvenir wisata Goesar, juga punya banyak ikon yang mewakili keragaman dan kekayaan wisata alam dan budaya nusantara. Sungguh saya girang.

Goesar Tourist Souvenir rencananya akan tersedia secara bertahap, mewakili berbagai destinasi wisata Indonesia. Ada 11 daerah yang akan dibuatkan aneka suvenirnya, mulai gantungan kunci, magnet kulkas, cermin (hand mirror), dan lainnya. Sumatera Utara dan Bangka Belitung menjadi dua daerah pertama yang sudah dibuatkan aneka suvenirnya. Nantinya akan tersedia suvenir dari Jakarta, Wakatobi, Labuan Bajo, Menado, Toraja, Mandalika, Raja Ampat, Kepulauan Seribu, Borobudur. Juga seluruh provinsi di Indonesia bakal ada miniaturnya lewat suvenir Goesar.

Gantungan kunci, magnet kulkas, cermin menjadi benda mini yang paling andalan untuk jadi suvenir. Nah, produk suvenir wisata Goesar yang sudah tersedia, dirancang dengan desain menarik berupa ikon kota misal Rumah Batak, ornamen khas Batak, ikon kota Medan, dan beragam suvenir berbentuk menarik lainnya.

Bagi saya yang suka mengoleksi benda budaya lokal, suvenir Goesar ini menambah koleksi benda khas nusantara di rumah. Pun sangat membanggakan untuk dijadikan benda kenangan ke teman, baik turis lokal maupun asing.



Bukan hanya desain yang unik, barang berkualitas dengan standar internasional, Goesar Tourist Souvenir juga punya misi pariwisata. Dalam kemasan suvenir yang dibungkus plastik, terdapat catatan di bagian belakangan kemasan berisi penjelasan singkat terkait kota/provinsi benda suvenir tersebut. Misal suvenir magnet kulkas berupa ikon kota Medan, maka dalam kemasan tertera tulisan dalam kertas berisi penjelasan singkat tentang Sumatera Utara, lengkap dengan rekomendasi tempat wisata sehingga bisa menjadi direktori singkat.

Tulisan pun dalam bahasa Inggris, artinya Goesar memang menargetkan produk suvenir wisata ini, untuk menjadi oleh-oleh khas Indonesia bagi turis mancanegara.




Nah, soal harga, ini juga menarik. Suvenir Goesar dijual mulai Rp 30.000 untuk magnet kulkas misalnya, hingga Rp 1,5 juta ke depannya. Goesar menjanjikan akan menyediakan suvenir lain seperti patung, perhiasan, lukisan dan benda bernilai tinggi lainnya. 

Sementara benda berukuran mini yang praktis dibawa pejalan seperti bag luggage, botol minum, sandal, topi, kipas tangan, payung juga akan diproduksi.

Bagi saya, magnet kulkas, pembuka botol sudah sangat menarik, apalagi desainnya mewakili budaya dan kekayaan alam nusantara. Sangat  bisa mewakili kota/daerah juga negara Indonesia. Suvenir wisata menjadi salah satu cara sangat sederhana dan praktis untuk mempromosikan wisata nusantara ke luar negeri.

Lalu di mana bisa mendapatkan produk Goesar? Pihak Goesar menyebutkan, sudah terjalin kerjasama dengan berbagai hotel, juga toko suvenir di Taman Mini Indonesia Indah, dan bermitra dengan berbagai stakeholder pariwisata lainnya.

Cara termudahnya adalah membeli online melalui www.touristsouvenirindonesia.co.id.

Saya sudah membeli beberapa saat launching, dan sepertinya bakal sering mengunjungi laman Goesar, karena jadi punya andalan untuk beli benda kenangan khas Indonesia, untuk pelancong yang datang ke Jakarta. Pun kalau saya baru pulang bepergian dari kota lain, cukup Goesar jadi oleh-olehnya. Semoga saja semua kota di Indonesia sudah tersedia suvenir wisatanya dari Goesar.






You Might Also Like

2 comments:

Catcilku mengatakan...

Ternyata sekarang sudah ada tempat cari souvenir, moga sukses. Sama seperti mbak wawa, selama ini kualitas souvenir yang dijual tidak seperti souvenir2 yang suka kita dapat dari orang yang habis dari LN ya.

wardah fajri mengatakan...

iyaa semoga lancar ya usaha mereka biar bisa konsisten gitu kt punya suvenir andalan promosikan nusantara