Memelihara Tradisi Bancakan di Hotel Aston Marina Ancol Jakarta

10.00.00 wawaraji 0 Comments



Kuliner nusantara tak diragukan lagi soal rasa dan kekayaan budayanya. Tradisi bancakan misalnya, makan bersama beralaskan daun pisang, dengan menu nasi putih atau nasi liwet, dengan lauk sederhana seperti ikan asin, ayam, tempe/tahu goreng, dan sayuran. Lengkap dengan sambel penambah selera makan.

Menikmati bancakan bukan hal baru bagi saya. Kebiasaan menikmati kuliner khas ini sudah saya ikuti sejak belasan tahun silam semasa masih kuliah. Kebersamaan di organisasi kemahasiswaan makin erat dengan tradisi makan dengan bancakan seperti ini.
Kebersamaan memang jadi tujuan utama bancakan. Menikmati hidangan bersama, dalam satu meja, dengan alas daun pisang, sungguh mewakili kebersamaan,kesederhanaan, keakraban.



Rasa akrab inilah juga yang saya rasakan saat menikmati bancakan di Hotel Aston Marina Ancol Jakarta. Baru sekali ini saya menikmati bancakan di hotel bintang empat.
Unik memang layanan baru dari Hotel Aston Marina Ancol Jakarta ini. Hotel yang memiliki fasilitas area terbuka, dengan meja kursi kayu, dan suasana hijau layaknya di taman, lalu makan dengan hidangan khas bancakan di atas daun pisang, melengkapi kebersamaan bancakan.

Tiada yang beda dengan hidangan bancakan ala hotel bintang empat ini, dengan bancakan pada umumnya. Hidangan sama, rasanya sama, khas bancakan, ikan asinnya pun mantap rasanya. Hanya memang sambalnya sepertinya menyesuaikan selera tamu hotel yang kebanyakan memang kalangan ekspatriat ini. Sambalnya, bagi saya yang tidak suka pedas, masih kurang kuat rasanya. Barangkali bisa diberikan tambahan pilihan sambal sesuai selera orang Indonesia, dari level bawah sampai teratas pedasnya.

Bedanya bancakan Aston Marina Ancol Jakarta adalah sensasinya, suasananya, yang tentunya bikin saya takjub, bisa menikmati bancakan di hotel mewah.



Bancakan lebih nikmat dengan siapa kita menikmatinya. Memang bancakan seperti ini cocoknya untuk makan bersama orang terdekat atau yang memang sudah kita kenal baik.
Saya menikmati bancakan Hotel Aston Marina Jakarta bersama orang terdekat, sahabat, dan sesama blogger yang memang sudah seperti keluarga. Keluarga yang saya ciptakan dalam wadah BloggerCrony Network (BCN), tim kreatif dan orang-orang se-gelombang yang berkenan membagi waktu dan pikirannya, untuk mengelola berbagai program BloggerCrony Community (BCC).

Ada alasan kami menikmati bancakan, selain untuk munggahan jelang Ramadhan, BCN merayakan bulan Mei yang spesial. Pada bulan Mei ada empat blogger BCN yang merayakan hari jadi. Mereka adalah Bowo Susilo, Akbar Muhibar, Yayat, dan saya sendiri. Alih-alih merayakan sendiri-sendiri, lebih menyenangkan dan mengakrabkan apabila dirayakan bersama. Maka terjadilah Bancakan BCN dengan dukungan yang manis dari Hotel Aston Marina Ancol Jakarta, melalui teman baik, Paundra Hanutama.





Bancakan di Hotel Aston Marina Ancol Jakarta biasanya kerap dipilih untuk acara gathering,baik gathering kantor, keluarga, komunitas karena memang suasana kebersamaan yang dicari. 

Venue di alam terbuka di lantai M2 atau setara dengan lantai lima hotel Aston Marina Jakarta, menjadikan momen bancakan menjadi sempurna. Sekaligus sebagai cara memelihara tradisi dengan mengenalkannya lewat hotel berbintang.


Untuk umum, jika ingin menikmati bancakan, harganya Rp 178.000 per pax (makan dan minum air mineral). Nasi untuk hidangan bancakan bisa memilih, apakah nasi putih atau nasi liwet (standar bancakan). Jika ingin mencobanya harus reservasi terlebih dahulu.
Waktu terbaik untuk bancakan adalah siang jelang sore, saat cuaca tidak terlalu panas karena memang hidangan bancakan lebih seru disajikan di ruang terbuka. Paket bancakan Aston Marina Jakarta memang diatur untuk hidangan makan siang.

Ingin coba sensasi bancakan di hotel bintang empat? Sesekali boleh saja menikmati hidangan bancakan untuk perayaan kebahagiaan dalam kebersamaan. Melakukan sesuatu yang beda akan lebih berkesan bukan?

Reservasi Bancakan Aston Marina Jakarta: 021-96837120




You Might Also Like

0 comments: