Selamatkan Nyawa dengan 47K Kantong Darah “Blood Angel” Bakti BCA

11.00.00 wawaraji 0 Comments



Aksi donor darah menjadi cara yang sering dipilih untuk berkontribusi kepada lingkungan sosial. Baik lingkungan terkecil di tingkat kelurahan, di kampus atau sekolah, sampai ke pertokoan juga hotel, hingga ke aksi korporasi.

Niatan baik mengumpulkan orang untuk mendonorkan darah, tentu secara sukarela, sudah pasti berarti. Namun akan lebih berarti dan layak saja mendapat apresiasi, jika aksi sosial donor darah, berlangsung konsisten, dengan komitmen yang terjaga dan terfasilitasi dengan baik, hingga bisa menyumbangkan ribuan kantong darah.

Saya percaya, dari beberapa kejadian yang langsung ditemui dari orang terdekat, sekantung darah amat sangat berharga nilainya, bahkan tak ternilai.

Pasien di rumah sakit, apa pun kondisinya, yang membutuhkan transfusi darah bisa terselamatkan dengan sekantung darah yang sesuai untuknya.

Semakin banyak kantung darah terkumpul, maka semakin besar peluang menyelamatkan manusia yang membutuhkan.

Donor darah menjadi salah satu cara sederhana berkontribusi, yang meski belum tentu semua orang bisa melakukannya, terkait kondisi kesehatan. 

Saya sulit donor darah karena tensi cenderung sering rendah. Suami saya beberapa kali berhasil donor darah. Manfaatnya bukan hanya melegakan karena bisa menyumbangkan darah, namun menyehatkan tubuh. Pasalnya, darah yang dikeluarkan lewat donor, diproduksi kembali secara alami oleh tubuh. Sirkulasi inilah yang kemudian menyehatkan tubuh pendonor darah.

Jika sesekali saja mendonorkan darah bisa menyehatkan tubuh, bagaimana sehatnya tubuh pendonor yang rutin menyumbangkan darahnya.


Blood Angel
Saya takjub dengan empat orang yang diberi apresiasi Bank BCA dalam kegiatan Donor Darah ke-100 di Jakarta. 

Empat  pria berusia matang ini rutin ikut kegiatan Donor Darah Bakti BCA, dan sudah mendonorkan darah lebih dari 50 kali.

Terbayang betapa sehat tubuhnya, karena darah dalam tubuh terus terbarukan. Belum lagi berkahnya bisa menyumbang darah melalui PMI dari kerjasama dengan Bakti BCA. Sudah selayaknya pendonor yang diberi sebutan Blood Angel mendapatkan apresiasi dari BCA.

Pemberian apresiasi kepada pendonor dilakukan bersamaan dengan pengakuan sekaligus penyerahan Rekor Dunia MURI kepada Bakti BCA.

Jaya Suprana sengaja datang dari Surabaya, untuk menyatakan bahwa BCA melalui program CSR Bakti BCA Kesehatan, berhasil memecahkan rekor dunia MURI.

Sejak 1991, BCA bekerjasama dengan PMI untuk mengadakan kegiatan donor darah di kantor cabang se-Indonesia. Bukan hanya karyawan, nasabah dan warga pun ikut terlibat menjadi pendonornya. Hingga November 2017, telah berlangsung 100 kali kegiatan donor darah. Dari kegiatan tersebut terkumpul 47.000 kantung darah. Kegiatan donor darah Bakti BCA biasanya berlangsung 3-4 kali setahun.

Atas komitmen dan konsistensinya, BCA mendapatkan anugerah Rekor MURI sebagai “Bank Swasta Nasional Pertama yang Menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah ke-100”.








BCA berhasil mengadakan donor darah ke-100, berlangsung pada 3 November 2017 di Pelataran Ramayana Kempinski Hotel Indonesia. Ratusan karyawan/nasabah/masyarakat di sekitar kantor BCA, berbondong-bondong donor darah, sejak pagi hari memenuhi pelataran hingga ruangan donor darah.

Dalam acara penyerahan Rekor MURI, Direktur BCA, Lianawaty Suwono, bersama Sapto Rachmadi, juga menyerahkan secara simbolis satu unit mobil operasional kepada Kepala UTD PMI DKI Jakarta, Salimar Salim.


Dalam sambutannya, Lianawaty dan Salimar Salim menyampaikan harapan yang sama. Keduanya berharap kegiatan Donor Darah Bakti BCA, menginspirasi individu untuk tetap rutin donor darah. Kalau Lianawaty berharap karyawan dan pendonor lainnya tetap rutin melanjutkan donor darah di luar kegiatan Bakti BCA. Sementara Salimar Salim mengapresiasi konsistensi BCA dalam mengadakan donor darah, dan berharap bank lain juga mengadakan kegiatan serupa, secara rutin.

Donor darah, kata Salimar Salim, adalah bakti kemanusiaan yang besar pengaruhnya kepada masyarakat, kepada pasien mendapatkan darah, untuk memperpanjang kehidupannya.

Dengan bantuan satu unit kendaraan operasional  dari BCA, Salimar juga berharap jangkauan penyebaran kantung darah juga kegiatan donor darah, bisa lebih meluas.

Semoga lebih banyak lagi kantong darah terkumpul dan tersebar lebih luas melalui PMI, atas dukungan berbagai pihak swasta dan warga yang peduli sesama. 





You Might Also Like

0 comments: