Cara Kreatif Sedekah Ngider Berbagi Bahagia untuk Anak Yatim

05.23.00 wawaraji 21 Comments


Sedekah itu membahagiakan, percaya jangan? Lebih membahagiakan lagi kalau bisa ajak orang lain bersedekah untuk berbagai bahagia dengan anak yatim.

Saya merasakan kebahagiaan ini bersama teman-teman Pejuang Ngider dari Yayasan Sedekah Ngider di Ramadan hari ke-18, tepatnya 3 Juni 2018. 




Pejuang Ngider adalah sebutan anggota komunitas Sedekah Ngider, kalangan muda yang bergerak dari remaja masjid dan bertransformasi menjadi komunitas berbagi. Komunitas yang mengawali ide kreatif dari obrolan di grup chat ini mewujudkan gagasan menjadi aksi nyata. Berdiri sejak 3 April 2016, komunitas ini kemudian berhasil melegalisasi organisasi menjadi yayasan pada 5 Maret 2018.

Sedekah Ngider kini memiliki 70 anggota tersebar di sepuluh kota, terus berkembang dari awalnya 13 orang termasuk pendirinya, Taufik Ari. Sebagai info, kebanyakan anggotanya 90 persen perempuan dan kebanyakan lajang. Jadi, buat para pria muda yang ingin berkegiatan positif, bermanfaat dunia akhirat, dan mencari pasangan dari komunitas bersedekah ini, rasanya komplit ya semua bisa didapat. 




Kembali ke kegiatan Sedekah Ngider di bulan puasa. Ramadan memang selalu menjadi momen tepat untuk berbagi. Meski bersedekah bisa kapan saja, semua pasti meyakini, sedekah di bulan Ramadan sungguh keutamaan dan tak heran banyak yang berlomba ingin berbagi.

Momentum yang selalu jadi lebih istimewa apalagi jika berbagi dengan anak yatim. Mengelus kepala anak yatim saja sudah melegakan hati apalagi bisa membahagiakan mereka.

Ini kali pertama Sedekah Ngider menggelar kegiatan sedekah dengan cara beda. Kegiatan yang diberi judul Belanja dan Santunan Bareng Yatim ini melibatkan 30 anak yatim dari Kampung Sedekah wilayah RW 09 Ciracas. Wilayah tersebut dipilih karena memang menjadi basis binaan termasuk sekretariat Yayasan Sedekah Ngider. 








Hasil donasi yang terkumpul dalam dua bulan disalurkan kepada anak yatim lewat kegiatan belanja dan pemberian santunan di Carefour Taman Mini Square.

Belanja selalu menyenangkan dan kebahagiaan inilah yang ingin dibagi bersama anak yatim. Setiap anak didampingi kakak Pejuang Ngider untuk membelanjakan uang senilai Rp 300.000 dalam waktu 30-45 menit.

Sebagian anak membelanjakan seluruh uang, bahkan kadang melebihi anggaran meski selisihnya tak banyak. Beruntung pihak hypermarket berbaik hati, saya mendapati langsung supervisornya menambahkan uang anak tersebut. Sebagian anak lagi menyisakan uangnya, dengan sengaja atau tidak. Bagi anak yatim yang uang belanjanya masih bersisa, mereka berhak membawa pulang uang tersebut.

Anak-anak yatim peserta Sedekah Ngider ini bebas membelanjakan uang dengan beberapa catatan. Mereka wajib belanja alat tulis untuk kebutuhan sekolah, tidak boleh membeli barang pecah belah, dan belanja dengan tetap peduli kebutuhan bersama di keluarganya bukan hanya memenuhi keinginan pribadi. 




Ya! Kegiatan Sedekah Ngider kali ini memang mengajarkan anak yatim belanja untuk peduli. Mereka belajar mengelola uang sekaligus menumbuhkan kepedulian dalam keluarga. Siapa tak senang diberi uang belanja? Namun bagaimana kesenangan tidak mengalahkan kepedulian itulah yang sedang dilatih Sedekah Ngider untuk anak yatim di bulan Ramadan ini.

Cara kreatif berbagi bahagia kalau kata saya. Kegiatan ini menambah satu lagi aksi kreatif nyata dari Sedekah Ngider. Setelah sebelumnya Sedekah Ngider rutin sebulan sekali melakukan tujuh kegiatan sekaligus yakni pemeriksaan kesehatan gratis, santunan, tabligh akbar, lomba edukasi, kampung belanja syariah, gerakan cinta masjid dan berbagi nasi bungkus.

Berbagai kegiatan berbagi yang dijalankan rutin dan kompak dengan para Pejuang Ngider inilah yang membuat banyak donor percayakan dananya. Termasuk donor dari luar negeri yang rutin menyalurkan dana karena inisiatif kalangan muda kreatif di Sedekah Ngider. 





Kebaikan yang dilakukan setulus hati pada akhirnya menggaet banyak kepercayaan. Termasuk dukungan dari berbagai pihak yang mengajukan diri bergabung salah satunya pesinetron Adhitya Putri, Duta Sedekah Ngider Indonesia.

Berbagi bahagia memang selalu menyenangkan dan mengisi jiwa. Semoga saja Sedekah Ngider makin banyak mendapatkan dana dari para pemberi sedekah. Amanah yang terjaga baik akan memberi hasil baik apalagi jika dilakukan dengan cara kreatif. 




Terima kasih Sedekah Ngider melibatkan blogger influencer dari BloggerCrony Community untuk kegiatan membahagiakan di bulan Ramadan. Silaturahim yang berawal baik semoga bisa menjemput kebaikan lain di masa mendatang. Bergandengan tangan agar semakin luas jangkauan Sedekah Ngider berbagi bahagia terutama kepada anak yatim.

Bagi yang ingin menjadi bagian dari gerakan ini, bisa berdonasi melalui rekening bank BCA 6825180501 an Elisa Suko Rachmaryani atau rekening Mandiri Syariah 7705777057 an Yayasan Sedekah Ngider Indonesia.

Informasi lebih lengkap bisa didapati di www.sedekahngider.com juga akun media sosial Instagram @sedekahngider Fanpage dan Youtube Channel Sedekah Ngider. 




#BeraniSedekah





You Might Also Like

21 comments:

Kang Didno mengatakan...

wah keren banget nih acaranya semoga bermanfaat bagi mereka para anak yatim dan piatu

wawaraji mengatakan...

Seru kang... Amin smoga membahagiakan dan bermanfaat yah

Maria Margaretha mengatakan...

Keren banget. Mendidik anak peduli, dengan belanja yang berguna. Sedekah Ngider ini perlu disupport.

Kania Safitri mengatakan...

Indahnya berbagi di bulan Ramadhan, kegiatan yang sangat bermanfaat ya mbak keren banget. Semoga tidak hanya dibulan Ramadhan saja ya mbak kegiatan ini diadakan.

Kurnia amelia mengatakan...

Aku baca ini terharu banget mba Wawa,,masya allah semoga makin banyak ya komunitas kaya gini jadi anak2 yatim ikut bahagia juga menyambut Ramadhan dan kebutuhan mereka terpenuhi.

Anesa nisa mengatakan...

Jadi semacam program uang kaget, ya buat anak yatim. Dikasih uang dengan limit tertentu untuk belanja dalam waktu tertentu.

Bagus juga ini program sedekah nhider. Ngajarin anak kelola keuangan. Punya duit, pengen belanja, tapi ttp harus tahu prioritas juga, apalagi melibatkan klberbagi kepada keliarga

Nchie Hanie mengatakan...

Serunya Sedekah Ngider Berbagi, anak2 pun pastinya seneng banget belajar mengelola uangny, dan hanya membeli barang2 yang dibutuhkan saja

fenni bungsu mengatakan...

Senangnya bisa berbagi dengan sesama dengan cara seperti itu, karena disesuaikan dengan apa yang mereka butuhkan dan impikan. Semoga bermanfaat dan yang makin banyak yang berdonasi, aamiin.

Andri Mastiyanto mengatakan...

Sedekah bisa dengan berbagai cara. Bagaimana individu terpanggil sosial movement itu macam2x. Kreatif dan inovatif cara bersedekahnua

D. Pusupa mengatakan...

Kegiatan yang menarik dan bermanfaat. Anak-anak yatim juga ikut senang mereka bisa berbelanja untuk aktivitas belajar.

Deny Oey mengatakan...

Konsep sedekah ngider ini bagus banget..
Dan buat cowok bisa lah ya ikut acara sedekah ngider sambil cari jodoh #lho

Marga Apsari mengatakan...

Seru ya konsep sedekahnya nggak bosenin. Malah mereka juga bisa sambil belajar.

Atisatya Arifin mengatakan...

Konsepnya unik menurut aku mbak Wawa. Tapi aku senang lho sedekah model begini karena kita jadi tahu dikemanakan sedekah yang mereka terima. Saat ini baru bisa kontribusi dengan memberikan donasi. Semoga lain kali bisa ikutan terjun langsung pas acara sedekah ngider ini (kode minta diajak ^.^)

zata mengatakan...

adeeeemmm banget bacanya mba Wawa.. salut bgt sama pihak2 yang sudah membuat anak2 tsb bahagia... bacanya aja bahagia, apalagi mba wawa dan teman2 lain yg ada di sana yaa...

Wian mengatakan...

Anak-anak pasti happy banget ya mba disuruh belanja seperti itu. Untuk kita, mungkin belanja bukanlah hal yang istimewa. Tapi bagi mereka, bisa jadi adalah hal yang istimewa. Senang sekali ada sekpulan anak muda yang punya ide seperti ini.

Aku tuh pasti kalau ikutan acara beginian gampang mewek karena berasa selalu diberikan peringatan bahwa masih banyak orang yang membutuhkan. Dan sedekah ngider memberikan kebahagian bagi adik-adik yang bisa ikutan berbelanja, mungkin ini jarang mereka lakukan.

Agung Han mengatakan...

Berbuat baik akan lebih baik lagi kalau ditularkan kepada orang lain, sedekah ngider bisa jd solusi jemput bola agar orang mau diajak bersedekah

Honey Josep mengatakan...

Semoga sedekah ngider bisa membantu anak-anak yang membutuhkan lebih banyak lagi

maya rumi mengatakan...

semoga sedekah ngider selalu ada tiap tahun, senang banget kalau bisa ikutan bergabung menjadi bagian dari komunitas ini bs bahagia dunia akhirat..

Selamet Hariadi mengatakan...

Sedekah sudah berkembang menjadi banyak inovasi ya mbak...

Ivonie Zahra mengatakan...

programnya keren banget ini mbak Wawa, smoga makin bertambah donaturnya ya sehingga makin banyak anak yatim dan lainnya turut berbahagia.