Layanan Digital Kebutuhan Muslim, Lahir Batin, Ada di Ebaba

19.25.00 wawaraji 30 Comments


Siklus hidup dari lahir hingga meninggal, akan selalu ada kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Bagaimana cara memenuhi kebutuhan, tentu kembali kepada kemampuan dan kenyamanan kita. Untuk kalangan urban, kalangan modern, yang akrab dengan dunia digital, rasanya sekarang segala kebutuhan bisa didapatkan hanya lewat smartphone. Semua kebutuhan bisa dipenuhi dalam genggaman. Praktis, cepat, aman, nyaman sesuai jamannya, era digital.

Jadi, kemunculan startup dengan berbagai platform, bukan hal baru. Ecommerce semakin bertumbuh, lihat saja saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) lalu, meriah.
Dengan banyaknya ecommerce, tampil dengan terobosan baru tentu menjadi pembedanya. Apa yang beda, itu yang akan menjadi daya tariknya, tidak seragam.

Ketika mengenal EBaba dalam acara syukuran di F Mansion Pondok Indah, Jakarta, saya menemukan perbedaan dan inovasi digital di dunia ecommerce. EBaba menyebut dirinya ecommerce muslim dengan tagline Insya Allah Berkah. Dari sini saja sudah beda, dan rasanya belum ada platform yang memenuhi berbagai kebutuhan muslim dari lahir sampai meninggal, sepanjang siklus hidupnya.

Saya pernah menghadiri peluncuran platform digital modest fashion di Malaysia, senang karena ada inovasi yang memfasilitasi busana muslim untuk berkembang lebih pesat. Sempat berpikir, kapan ya Indonesia bisa punya inovasi digital yang memaksimalkan produk muslim?



Pertanyaan saya terjawab pada bulan Mei 2017, EBaba lahir dengan dukungan angel investor pengusaha muslim, M Fitno (Owner F Corp), dan dikelola dengan manajemen yang memikirkan bagaimana kebutuhan umat muslim bisa terpenuhi, lahir batin, bukan hanya kebutuhan fisik, namun juga rohani. Brand Ambassador yang dipilih pun memiliki perjalanan bermakna menjadi muslim, sebagai muallaf, yakni Sultan Djorghi. 



Kebutuhannya pun terpenuhi di EBaba karena ecommerce ini bukan hanya menjual pakaian dan alat ibadah, tapi juga melayani konsultasi dengan ulama. Selain itu, berbagai kebutuhan muslim dari bayi lahir seperti aqiqah, hingga pernikahan dengan layanan Wedding Organizer, katering halal, dan sebagainya, hingga mencari pemakaman muslim pun tersedia layanananya di EBaba.

EBaba optimistis dengan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, berbagai layanan ini bisa berkembang dan memenuhi kebutuhan dunia muslim. Ecko Rachmad selaku CEO PT Ebaba Muslim Indonesia berharap EBaba bisa membangun komunitas muslim dengan business opportunity yang terus berkembang.

Selain bisa berbelanja berbagai kebutuhan seperti busana muslim, alat ibadah, EBaba juga menjadi direktori untuk muslim karena melalui platform ini termasuk di aplikasi, kita bisa mencari informasi masjid terdekat, waktu pengingat sholat, penunjuk kiblat, restoran halal, dan fitur tanya ustadz secara live. Saat ini ada tiga ustadz yang siap menjawab online berbagai pertanyaan seputar agama. Yakni Andian Parlindungan (Belajar akhlak), Syamsul Arifin Nababan (Tauhid/Mualaf) dan Irwansyah Al Maidany (Fiqih).

Nah, kalau bicara busana muslim, produk yang ditawarkan pun beragam, koleksi desainer ternama pun tersedia. Seperti koleksi Etty Bachir, Annisa Trihapsari, Hengky Kawilarang. EBaba membuka diri dengan berbagai vendor yang ingin bergabung, dengan berbagai fleksibilitasnya.



Ada empat fitur utama yang masih membuka kesempatan kerjasama dengan berbagai pihak, yakni Baba Shop, Baba Serve, Baba Help, Baba Deals. Bagi kita pengguna, semakin banyak layanan yang disediakan, segala kebutuhan komunitas muslim dapat terpenuhi cukup dengan unduh aplikasi, mencari kebutuhan cukup dalam genggaman.

Penasaran? Cari tahu di www.ebaba.co.id dan segera unduh aplikasi Ebaba di Play Store dan telusuri layanan lengkapnya, dan beda. 




You Might Also Like

30 comments:

Dwina Yusuf mengatakan...

Aku langsung donlot pas pulang acara. Kepo bgt sama koleksinya, dan ternyata bagus2...

Helena mengatakan...

niatnya mau nulis report acara ini eh jadi lama lihat baju-bajunya di Ebaba. Hehehe, aku tergoda belanja

satto raji mengatakan...

Harus banyak promosi nih, masih kurang terdengar padahal potensinya besar

desy yuss mengatakan...

Sampe aqiqah juga ada?? Keceeh....makin mager dirumah aja nih. Semua serba di pesen via online.

Andiyani Achmad mengatakan...

emang kalo dress code nya putih-putih jadi adem liatnya ya mba. :)

FaniaSurya mengatakan...

Wah... boleh dicoba nih kl lg males beli baju2 ke pasar. Aplagi pas bulan puasa males keluarnya.

Kurnia amelia mengatakan...

Barusan liat Ebaba kaftanya cantik2,,jadi naksir 😍

Idfi pancani mengatakan...

ebaba ... baru denger. Kreatif juga. Pas banget di indo yg marketnya muslim.

Atisatya Arifin mengatakan...

Wah semakin banyak pilihan e-commerce ya. Apalagi yang berbasis muslim bisa dibilang masih jarang ya di Indonesia (tya tahunya ada muslimarket aja). Bisa jadi referensi untuk belanja keperluan lebaran nanti nih.

Nur Annisa mengatakan...

semoga ecomerce muslim semakin berkembang dan bervariatif jenis produk yang dijual :)

Marga Apsari mengatakan...

Aku habis dari event juga langsung download aplikasinya. Berguna banget, terutama yang bagian Baba Serve dan Baba Help.

unggulcenter mengatakan...

Menarik juga ya app EBABA ini. Semakin memudahkan bagi umat muslim kalau mencari info dan juga produk2 yang memenuih kebutuhan muslim. Apalagi, ini "Lahir Batin"!

Oline mengatakan...

Ebaba ini jadi kayak one stop shopping ya untuk muslim. Kayaknya semua kebutuhan ada disana ya.

windhu mengatakan...

Bau tahu kalau ada yang nggak cuma menampilkan produk saja. Ada pengingat shalat, penunjuk kiblat, dan konsutasi dengan ahli agama. Ebaba pas banget buat yang muslim.

Wardah Fajri mengatakan...

Aku kepo sm Baba Help nya...mudah mudahan makin banyak yah ustadz yg mau gabung kasih pencerahan ke umat

Wardah Fajri mengatakan...

Hahaha tergoda yaa mbak..kok jd pengen kepo in alat ibadahnya yaaaah...cuss

Wardah Fajri mengatakan...

Hooh semua kebutuhan muslim adaaaa...mau cari masjid jg ada...direktorinya muslim lah ini mah

Wardah Fajri mengatakan...

Adeeeeem.jd jamaah haji dan umroh semoga yah. Amin

Wardah Fajri mengatakan...

Bukan cm baju..ada cleaning service juga. Capek beberes rumah pake jasanya ajahhh

Wardah Fajri mengatakan...

Hooh dijaga bgt kualitas barangnya...

wawaraji mengatakan...

Inovatif!

wawaraji mengatakan...

Iyaaah semua kebutuhan ada..tinggal klik

wawaraji mengatakan...

Aamiin

wawaraji mengatakan...

Iyaah kalau shopping dah banyak yah..ini layanan dan direktorinya yg inovatif

wawaraji mengatakan...

Iyah dunia akhirat

wawaraji mengatakan...

Iya...ada banget..dr bayi lahir semua ada

wawaraji mengatakan...

Banget kayak partner digitalnya muslim yah

Catcilku mengatakan...

Wah komplit ya mbak, sampai dunia akhirat. Sepertinya konsep baru ya di bidang ecommerce

Ya Yat mengatakan...

waahhhhh ada tempat belanja online lagi... bikin laper mata deh nih

Uli Hape mengatakan...

baru tahu nih ada edaba, tfs ya