Mudik Sehat Bersama Pengemudi “HEBAT”

14.40.00 wawaraji 0 Comments

Mudik Sehat 


Mudik lebaran selalu menjadi tradisi tahunan masyarakat Indonesia yang menjadi perhatian banyak pihak. Tujuan utamanya tentu silaturahim terutama bagi para perantau yang rindu keluarga di kampung halaman.

Menjadi perhatian banyak pihak karena perihal mudik bukan semata soal perjalanan liburan. Mudik yang dilakukan serentak dalam periode beberapa pekan sebelum dan sesudah lebaran, membutuhkan persiapan.

Berbagai persiapan diperhatikan, mulai urusan infrastruktur seperti jalan raya, moda transportasi, pos keamanan dan kesehatan, hingga kesiapan fisik mental si pemudiknya.

Kalau negara sudah sebegitunya memperhatikan kebutuhan, maka kita selaku pemudik yang diperhatikan juga perlu berkontribusi. Sebisa mungkin persiapan yang baik akan mengurangi berbagai risiko saat mudik, mulai kesehatan hingga keselamatan, sampai akhirnya bisa berbagi bahagia bersama. Petugas yang bertugas bahagia jika semua sehat selamat, dan pemudik tentunya disambut hangat bahagia mereka yang sudah menunggu di kampung tercinta.

Seperti kalimat di sebuah iklan komersial TV yang kira-kira seperti ini bunyinya, “…karena ada yang tidak pulang demi kita pulang… bahagia adalah ketika kita memberi kebahagiaan…” Jadi jangan sia-siakan mereka yang sudah rela bertugas demi kebahagiaan kita pulang kampung. Pun keluarga di kampung yang sudah menunggu bahagia kita pulang sehat selamat.






Mudik Sehat Kelola Stress 


TIPS MUDIK SEHAT

Pada kesempatan “Ngabuburit Sehat Bersama Menkes” di Terminal Kampung Rambutan 5 Juni 2018, Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek kembali mengingatkan pemudik melalui lintas komunitas. Harapannya pesan sehat ini menyebar luas melalui komunitas dan kita bisa saling mengingatkan.

Bisa disebut mudik sehat kalau memenuhi 15 poin ini:

1. Siap fisik yang sehat dan prima sebelum mudik;

2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan;

3. Tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi;

4. Beristirahat selama 15 menit setiap telah mengemudi selama 4 jam;

5. Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk;

6. Disiplin dan patuh rambu lalu lintas;

7. Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk;

8. Kendaraan tidak melebihi muatan yang layak;

9. Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara;

10. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal;

11. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan;

12. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat;

13. Buang sampah pada tempatnya;

14. Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia;

15. Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat.


Sederhana bukan pesannya? Rasanya setiap pemudik bisa menjalankan pesan mudik sehat ini. Langkah kecil misal membuang sampah di tong sampah setiap kali berhenti di rest area misalnya, ini sudah menjadi langkah sehat. Bayangkan ribuan pemudik menjaga kebersihan, penyakit menjauh karena semua pengguna jalan berperilaku bersih dan sehat.

Mudik sehat bisa diwujudkan dengan tidak menyepelekan kebiasaan sederhana seperti yang dituliskan di 15 pesan mudik sehat. Kalau berperilaku sehat sepanjang perjalanan mudik, pulang kampung bahagia dengan fisik sehat bukan jadi sakit atau membawa penyakit.


PENGEMUDI HEBAT

Nah, mudik sehat juga penting dipraktikkan pengemudi. Terutama pengemudi kendaraan umum seperti bus mudik misalnya. Pesan ini disampaikan saat Ngabuburit Sehat yang juga dihadiri drg Kartini Rustandi, MKes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI






Gerakan Mengemudi Sehat perlu ditularkan sepanjang mudik. Kita butuh pengemudi HEBAT yakni 


Hindari berkendara saat kondisi tubuh tidak sehat, mengantuk dan kelelahan

Enyahkan asap rokok dan alkohol terutama jika akan berkendara

Beri pertolongan segera bila terjadi kecelakaan

Ayo makan sehat, minum air putih dan cukup istirahat

Taati peraturan



Pengemudi HEBAT juga menyiapkan kendaraan dalam kondisi terbaik, siap fisik mental dan kendaraan, tahu kapan harus istirahat dengan mengutamakan keselamatan diri. Pastikan juga cukup istirahat sebelum perjalanan mudik sehingga bisa fokus saat berkendara, dan selalu taat aturan siap selamat. 








Selamat Mudik Sehat! Selamat menyambung silaturahim dengan fisik sehat dan hati bahagia.

You Might Also Like

0 comments: