Ignis, Si Urban Sporty Banyak Fitur dari Suzuki

19.35.00 wawaraji 7 Comments


Bukan city car bukan juga SUV, sporty, cocok untuk anak muda atau mereka yang berjiwa muda. Suzuki memang sengaja memberikan kategori baru untuk Ignis, mobil keluaran terbaru yang disebut sebagai Urban SUV (Sport Utility Vehicle).

Mobil Urban SUV keluaran terbaru Suzuki ini memang punya keunikan tersendiri.  Bahkan Suzuki berani bilang tidak ada pesaing di kategori ini di Indonesia. Berpikir “out of the box” menjadi dasar kenapa Ignis lahir. 

Penasaran dengan Ignis? Pengalaman saya test drive Ignis barangkali bisa jadi pertimbangan kalau Anda sedang mencari mobil baru yang futuristik dengan banyak fiturnya, irit, dan terjangkau.


Sebelumnya, kenalkan dulu IGNIS yang juga diartikan mewakili keunggulannya Irit (bahan bakar), Ground clearance, New (generation), Interior (modern futuristik), dan Sporty.

Perwakilan Suzuki yang mendampingi blogger mengatakan Ignis kerap jadi pilihan bagi orangtua yang ingin menghadiahkan mobil untuk anaknya. Artinya, Ignis yang memang diperuntukkan bagi anak muda dengan mobil sporty. Meski begitu, pasangan muda atau keluarga muda pun masih terpenuhi kebutuhannya.

Kalau dari segi tampilan dan fitur hi-tech yang  memang sesuai dengan usia muda, lain lagi dari segi kapasitas yang cocok untuk keluarga baru. Ignis masih terasa nyaman  terutama kursi belakang yang luas dan bagasi yang memadai, untuk keluarga muda dengan anak balita.



Saya termasuk tipe orangtua muda yang kalau bepergian  kerap membawa banyak barang. Tujuannya sih sebenarnya untuk penghematan, jadi kalau ada yang bisa dibawa dari rumah, tak perlu membeli apa-apa lagi di jalan. Alhasil, banyak barang dibawa, kadang kalau perjalanan jauh galon mini saja bisa saja saya bawa. Risikonya mobil penuh dan memang harus punya mobil yang bisa menampung banyak barang.

Merasakan sendiri Ignis saat test drive di Kota Kasablanka, saya bisa pastikan Ignis memberikan banyak ruang untuk penyimpanan barang. Saat masuk pun terasa lega meski tampak luar, Ignis terlihat mini.

Soal kenyamanan berkendara, saya sih percaya butuh pengujian lebih lanjut untuk membuktikannya, apalagi untuk mengetes tingkat irit bahan bakar. Namun saat saya duduk di kursi depan ketika test drive, saya merasakan minim goncangan sewaktu mobil dikendarai dengan kecepatan maksimal.

Masih soal kenyamanan, begitu menutup pintu mobil dan berkendara, saya pun merasa nyaman berada di dalamnya. Bisa jadi karena saya berkendara dengan pengendara profesional ya.  Namun di luar itu, interior Ignis memang memperhatikan detil baik kabin hingga jok pengendara dan penumpang pun diperhatikan kenyamanannya, bisa disetel ketinggiannya menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Hal menarik yang saya dapati dari test drive adalah meter cluster. Ini salah satu bukti bagaimana Suzuki begitu memperhatikan detil Ignis. Melalui fitur meter cluster, pengendara akan mudah mendapat informasi mengenai baterai aki, power stering, hand brake, oil indicator, RPM meter, speedometer, safety belt hingga air bag. Kondisi kendaraan bisa terpantau langsung di balik kemudi dengan adanya fitur ini.

Bagi saya yang masih belajar menyetir, teknologi yang menghubungkan berbagai fungsi dengan fitur digital, seperti perpindahan gigi yang bisa dipantau di balik kemudi, sungguh memudahkan. Saya jadi tahu, posisi perpindahan gigi dengan berbagai fitur serba digital.


Faktor keamanan juga hal lain yang diperhatikan detil oleh Suzuki untuk Ignis. Immobilizer akan meminimalisasi terjadinya pencurian karena ada sinyal khusus yang dirancang dan tidak dapat dihidupkan tanpa kunci asli. 

Rasanya itu semua yang menarik perhatian saya saat test drive Ignis. Saya belum sempat menjelajah Ignis lebih menyeluruh. Kalau masih penasaran, Anda bisa kunjungi IIMS karena Ignis dipamerkan di sana. Selain juga Suzuki akan menggelar rangkaian pameran di 35 kota di Indonesia untuk mengenalkan Ignis. Siapa tahu kota kamu berikutnya. 

Yang pasti saya masih penasaran dengan tingkat iritnya, kalau memang bisa lebih irit dari mobil yang saya punya sekarang, sangat bisa jadi pertimbangan. Karena memang banyak fitur yang dirancang mendetil oleh Suzuki. Catatan lainnya adalah selain memang tampilan sporty yang cocok untuk anak muda, mobil yang modifiable seperti Ignis kerap jadi incaran anak muda. Warnanya pun cerah seperti merah (cenderung merah bata), biru, dan warna dasar silver, putih, hitam.

Sebagai tambahan, Ignis tidak dimanufaktur di Indonesia. Mobil ini dibawa utuh dari India dan masih indent untuk kebutuhan pasar Indonesia. Dengan booking fee Rp 5 juta, Anda bisa masuk dalam daftar indent. Berapa lama prosesnya? Sangat bergantung ketersediaan kendaraan di dealer yang Anda pilih, yang pasti butuh waktu lebih panjang karena perjalanan di kapal saja butuh waktu dua minggu dari India, belum termasuk proses lainnya. Lantas bagaimana dengan ketersediannya? Dengan target penjualan Ignis, 2000 unit per bulan se-Indonesia sepertinya sih tergambar ya bagaimana Suzuki serius menawarkan Urban SUV ini.

Harga:
Rp 139.500.000 (Tipe GL MT)
Rp 159.500.000 (Tipe GX MT)

RP 169.500.000 (Tipe GX AGS)

Informasi lainnya:
Mesin: empat silinder K12M berkapasitas 1,197cc, Variable Valve Timing, DOHC
Suspensi: Suspensi depan MacPherson Strut with Coil Spring, Suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring
Dimensi: 3700 mm
Ban: 175/65 R15

Bahan Bakar: 23,64 km/liter transmisi manual, 23,44 km/liter transmisi AGS

You Might Also Like

7 comments:

Tati Suherman mengatakan...

Ngiler mba pingin beli...

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Aku sementara ini lebih suka city car, mba. Lebih enteng bawanya dan garasi juga muat segitu, Hehehee

wardah fajri mengatakan...

minta beliin dong sama bebebnya mbak Tati

mbak Alida, aku pun masih setia sm city car akuhh hahaha, eh tapi itu Ignis juga muat di garasi loch

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

apa yang buat beda harganya, selain tipenya?

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Hari Minggu saya ke IIMS. Suami langsung bilang kalau untuk kelas city car dengan harga segitu, kualitas IGNIS termasuk bagus :)

wawaraji mengatakan...

fiturnya mbak Nurul, banyak inovasi fitur

Mbak Myra, meski dia klaim di atasnya City Car yaah hehe, iyaaa kalau harga sih kompetitif bgt

Satto Raji mengatakan...

Tahun ini bakal banyak city car yang bermunculan.