Cari Tiket Kereta? Pakai Aplikasi Traveloka

15.00.00 wawaraji 11 Comments



Pengguna moda transportasi kereta, baik pejalan atau mereka yang kerap pulang-pergi lintas kota juga yang berencana pulang kampung, kini punya banyak pilihan memesan tiket kereta. Selain andalan utamanya, yakni pesan online lewat situs resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI), makin banyak penyedia jasa travel dengan aplikasi/pemesanan online yang menawarkan TIKET KERETA.

Kalau kehabisan tiket kereta di situs resmi PT KAI, segera cek berbagai aplikasi jasa perjalanan yang tersedia. Pastikan juga kalau penyedia jasa itu punya kerjasama resmi dengan PT KAI. Dengan begitu, tiket yang berhasil dibeli memang resmi dan bisa dipertanggungjawabkan keasliannya.

Situs dan aplikasi Traveloka misalnya, juga mulai melirik moda transportasi kereta. Biasanya, saya “menjelajah” Traveloka untuk mencari hotel atau tiket pesawat. Ternyata sejak 23 Januari 2017, Traveloka menawarkan tiket kereta, resmi bekerjasama dengan PT KAI.



Dalam temu media di Jakarta pertengahan Maret 2017, Mukti Jauhari, EVP Passenger and Ticketing Sales PT KAI bahkan menyebutkan, penjualan tiket kereta lewat jaringan eksternal  (agen resmi tiket kereta ) yang mencapai 60 persen, mendapat kontribusi terbesar dari Traveloka. Artinya dari beberapa agen yang bekerjasama resmi dengan PT KAI, Traveloka menunjukkan performa paling maksimal, berada di rangking pertama. Transaksi harian penjualan tiket kereta dari Traveloka berkontribusi 9-10 persen dari total transaksi harian.





Kenapa Traveloka bisa merajai penjualan tiket kereta secara online, padahal baru sekitar sebulan berjalan? PT KAI menyatakan tidak ada perbedaan perlakukan dan kuota pun tidak ada pembedaan. Pada akhirnya, kemampuan penyedia jasa tiket online kembali ke performa sistem IT atau infrastruktur yang mendukung pengguna aplikasi.

Ketentuan pembelian tiket kereta, seperti pengembalian 25 persen jika ada pembatalan, juga diberlakukan sama dan dengan prosedur yang sama, hanya melalui PT KAI. Aturan pembelian tiket kereta lewat aplikasi Traveloka juga mematuhi aturan yang sudah ditetapkan Undang-Undang, sama seperti perlakukan yang diterapkan PT KAI ke seluruh agen resminya.

Kalau bukan karena performa aplikasi yang maksimal, user friendly, dan kecepatan dan kemudahan pemesanan, akan sulit mendapatkan perhatian pengguna kereta. Apalagi era digital yang semua aktivitas pengguna gadget and internet, selalu terhubung dengan aplikasi yang memudahkan dan memenuhi berbagai kebutuhan.

Saya sudah membuktikan seberapa user friendly aplikasi Traveloka untuk cari tiket kereta. Saya dan suami merencanakan perjalanan ke Yogyakarta atas undangan teman baik. Begitu tahu kalau Traveloka kini melayani pemesanan tiket kereta lewat aplikasi, langsung saja kami manfaatkan momen ini.

Tampilan, juga kemudahan dan kecepakatan akses aplikasi, Traveloka memudahkan saya memesan tiket kereta. Input data pun terasa lebih praktis dan tak buang waktu.Pilihan harga dan pemberhentian pun tersedia beragam. Jadi tinggal pilih sesuai anggaran dan tujuan saja.

Kurang dari 10 menit, saya bisa booking tiket kereta. Promosi potongan hingga Rp 100.000 untuk sekali pemesanan juga bikin hati senang. Soal harganya, sama dengan harga resmi PT KAI, tidak kurang tidak lebih. Nah, karena pesan tiket kereta di Traveloka masih dalam masa promosi, potongan harga itu yang membuat pembelian tiket sampai Maret 2017, jadi lebih murah di Traveloka.

Untuk perjalanan kelas ekonomi, PP Jakarta (Pasar Senin) – Yogyakarta - Jakarta, kami menghemat sekitar Rp 125.000. Kami cukup membayar sekitar Rp 450.000, dua kali perjalanan (PP), untuk dua orang dewasa.

Pembayaran pemesanan tiket kereta pun praktis, kami pilih lewat transfer ATM dan pembayaran lewat Alfamart. Nah, kalau memilih pembayaran lewat minimarket, pastikan pemesanan dilakukan sebelum pukul 21:00. Untuk Alfamart, pembayaran tiket kereta pun hanya berlaku di jaringan Alfamart, bukan jaringan satu grup seperti Alfamidi. Saya tidak berhasil bertransaksi di Alfamidi.

Praktis dan mudah, terkait pembayarannya. Catatannya, perhatikan dan baca detil ketentuan pembayaran tiket kereta yang sudah diberikan di aplikasi juga melalui email. Notifikasi pemesanan pun lengkap channeling-nya, email dan SMS. Jadi tak perlu khawatir status pemesanan dan tiket apakah berhasil dipesan atau tidak. H-7 sebelum keberangkatan saya dan suami ke Yogyakarta, saya sudah menerima semua notifikasi dan tiket sudah ditangan.



Pengalaman pesan tiket kereta di Traveloka bikin saya makin senang bepergian dengan kereta. Sebelumnya, untuk rencana perjalanan di sekitaran Pulau Jawa, kami memang lebih memilih kereta dan pengguna setia situs resmi PT KAI.

Selain lebih hemat, perjalanan berkereta terasa berbeda. Ada pengalaman unik yang tak didapati dari perjalanan dengan pesawat. Ada waktu yang bisa dimanfaatkan untuk bercengkrama bersama keluarga. Memang sih butuh waktu lebih lama, seperti perjalanan saya ke Yogyakarta butuh waktu lebih dari 8-9 jam. Perjalanan dengan kereta memang syarat utamanya adalah menyediakan waktu lebih panjang dan lapang, jangan terburu-buru. Kita yang mengatur waktu, bukan dikejar waktu.

Semoga saja infrastruktur aplikasi pemesanan tiket kereta online ini bisa stabil. Saya sempat kesulitan pesan karena ada gangguan. Begitu pun dengan pembayaran melalui minimarket, sempat terganggu masalah jaringan. Kalau soal ini, angkat tangan dan pasrah saja, menunggu kondisi stabil, lalu coba pesan lagi.

Perihal jaringan internet dan infrastruktur memang menjadi tantangan bagi penyedia jasa aplikasi apa pun di Indonesia. Maklum saja, karena negara kita belum secanggih Jepang atau Korea soal internet. Sedikit gangguan, masih bisa malum tapi kalau sering gangguan, nah ini yang perlu diperbaiki kalau mau kami, para pengguna setia kereta, selalu memilih pesan tiket lewat Traveloka.

Dengan meningkatkan pembelian tiket kereta online, jangan heran kalau tiket kereta cepat habis, apalagi jelang mudik lebaran. Sebaiknya pesan jauh hari, karena di Traveloka pun pemesanan tiket mudik sudah berlangsung H-90.

PT KAI juga sudah menyatakan bahwa pemesanan tiket kereta secara online semakin tinggi, dan tiket gampang ludes hanya dalam waktu lima menit. Tiket di loket stasiun pun cepat habis. Sebanyak 60 persen tiket disalurkan PT KAI melalui berbagai agen resminya (external channel). Jadi kalau kehabisan di situs resmi PT KAI, segera cari di berbagai penyedia jasa tiket kereta online yang memudahkan seperti Traveloka. Semoga saja selalu ada penawaran menarik seperti promo Traveloka yang bisa menghemat pengeluaran 20 persen, itu pun sudah menguntungkan pengguna bukan?













You Might Also Like

11 comments:

mutie adnu mengatakan...

Belum pernah pake nih mba wawa klau buat tiket kereta,,, mau coba ke Cirebon menghindari macet lbh nyaman pake kereta

Wawaraji mengatakan...

Iyaa coba ajah. Mumpung masih maret ada promo potongan harga. Buruan.

Ya Yat mengatakan...

masih blom beruntung beli tiket kereta buat lebaran hiks

Wawaraji mengatakan...

Harus panteng terus kali yaaaa. Duh kmrn lupa minta kontak org KAI nya pulak... Trus mau ngapain jg ya hehehe

Roy Vandi Tambunan mengatakan...

wah ini jadi reverensi untuk mencari tiket jika kehabisan tiket di loket. saya sering nonton berita ni tiket kereta sudah habis untuk lebaran

Lina Astuti mengatakan...

Aku taunya traveloka itu untuk booking hotel dan tiket pesawat aja XD

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Biasanya aku pakai Traveloka buat beli tiket pesawat aja, mba. Penasaran pengen mencoba buat beli kereta :)

Wardah Fajri mengatakan...

Iyaaa KAI jg dah statement baru buka online ticket cpt ludes dlm 5 menit

Wardah Fajri mengatakan...

Iyah baru awal tahun 2017 kok kerjasama dg KAI nya. Thanks dah mampir.

Wardah Fajri mengatakan...

Coba deh... Interface nya okeh..

herva yulyanti mengatakan...

wah baru tau loh tiket kereta bisa di traveloka juga mba xixixi mayan banget itu potongannya