Belanja Seru Harbolnas Berlanjut, "Blanja" Yuk!

12.59.00 wawaraji 2 Comments


HARBOLNAS Hari Belanja Online Nasional resminya berlangsung serentak 12-14 Desember 2016. Lebih dari 100 e-commerce kompak berikan penawaran khusus menggunakan momen Harbolnas, apa pun tujuannya, jualan sebanyak-banyaknya atau sekalian branding bagi e-commerce yang usianya masih muda. Kalau buat pembeli sih senang-senang saja, karena bisa leluasa berselancar di dunia maya, pilih-pilih mana yang paling menguntungkan, selain yang paling cepat aksesnya dan mudah transaksinya.

Belanja eBay di Blanjacom - credit tittle: www.blanja.com 

Saya termasuk netizen yang ikuti Harbolnas sejak lahirnya, 2012 silam. Saya memang senang saja mengikuti perkembangan e-commerce. Beberapa kali belanja online meski bukan fans setia yang apa-apa selalu belanja online. Yang paling seru dari belanja online adalah mengikuti kreativitas seru dari para startup lokal juga internasional yang selalu berinovasi lewat e-commerce. Ikuti cerita sebelumnya di sini.

Kalau soal penawaran belanja online, prinsipnya sih kembali lagi aja ke pribadi masing-masing. Konsep perencanaan keuangan personal baiknya sih tetap diterapkan dalam belanja online. Prinsip utamanya, bagi saya, BELANJA PENUHI KEBUTUHAN (bukan keinginan) dan ANGGARAN BELANJA yang sudah dikumpulkan dalam jangka waktu tertentu (menyesuaikan kemampuan saja).

Nah, tinggal pilih deh e-commerce mana yang paling memenuhi kebutuhan itu, pakai anggaran atau istilahnya buka amplop belanja baik belanja kebutuhan harian atau belanja untuk kesenangan. Kalau kata perencana keuangan sih kita harus punya rekening khusus belanja. Jadi memang ada uang yang dikumpulkan setiap bulannya, disimpan selama beberapa bulan, misal tiga bulan, lalu pada waktunya dipakai belanja bersenang-senang tambah koleksi tas, sepatu, atau bisa juga dipakai beli tiket traveling misalnya. Berapa jumlah nominalnya? Beberapa perencana keuangan biasanya bermain angka presentase. Kalau saya sih, ya sesuaikan saja dengan pendapatan, hitung kemampuan pribadi masing-masing karena setiap orang punya catatan finansial yang berbeda.


Keseruan Harbolnas 2016
Kembali ke Harbolnas, pengalaman saya tahun ini lebih seru. Keseruannya dimulai saat menghadiri peluncuran Harbolnas yang sudah terasa sekali keseruan ajang tahunan ini. Selain jumlah peserta e-commerce yang makin banyak, penawaran dan pilihan produknya memang menggiurkan. Makin kreatif saja e-commerce untuk jualan online. Kolaborasi dengan banyak pihak juga bikin pengalaman belanja online saat Harbolnas makin seru.
Saking penasarannya, saya ikuti Harbolnas dini hari tanggal 12 Desember 2016.Nah, catatannya, sebelum Harbolnas baiknya sudah buat daftar belanja, apa yang memang sedang dibutuhkan dan mulai berselancar di e-commerce untuk membuat wishlist sesuai barang yang memang sudah direncanakan akan dibeli.

Diskon besar-besaran Harbolnas 2016


Nah, momen Harbolnas itu saya manfaatkan untuk mendapatkan penawaran harga lebih miring. Saya memang sedang cari TShirt berkerah dengan tiga warna berbeda untuk suami supaya kalau ada dresscode warna busana saat hadiri event, cukup padu padan saja. Barang lain yang saya cari adalah kado ultah anak teman.  Saya pilih tempat minum untuk balita, dan harganya itu loh, dari harga awal sekitar Rp 300.000 di Harbolnas turun harga jadi Rp 99.000. Barang terakhir yang saya cari adalah kompor gas. Sudah lelah dengan kompor gas di rumah yang menguji kesabaran setiap kali mau dipakai. Daripada reparasi pilih beli baru saja yang harganya terjangkau, penjual terpercaya, merek yang jelas dan sudah dikenal bagaimana kualitasnya, dan praktis enggak perlu bawa barang cukup klik dan diantarkan.

Harbolnas memang seru dan bikin lupa waktu. Jadi memang harus pakai perencanaan belanja dan cari tempat belanja yang paling memudahkan. Nah Harbolnas tahun ini saya pilih Blanja.com karena kebutuhan yang memang saya cari terpenuhi semuanya. Belanja yang memudahkan juga jadi catatan Harbolnas saya tahun ini.



Kolaborasi Blanja.com dengan TCash adalah kemudahan pertama yang saya rasakan sendiri. Saya jadi bisa transaksi hanya dengan memasukkan nomor telepon Simpati yang sudah saya daftarkan TCash. Pilih barang, pesan, pembayaran dengan TCash, hanya dalam hitungan menit transaksi sudah selesai di Blanja.com. Selain akses ke situs belanja juga mudah. Saya lebih pilih TCash karena sudah kapok pakai kartu kredit, dan memang lebih praktis dibandingkan ke ATM misalnya. Dengan begitu saya juga sudah dukung program pemerintah cashless, transaksi nontunai, makin kekinian belanja/transaksi enggak selalu harus dengan uang tunai tapi bisa dengan kecanggihan  teknologi. Ditambah lagi memang ada penawaran khusus TCash saat Harbolnas di Blanja.com. Makin senang lah hati asal pastikan saldo TCash tersedia dan sesuai dengan anggaran belanja.

eBay Blanjacom masih berlangsung sepanjang Desember 2016

Kolaborasi lainnya di Blanja.com yang bikin Harbolnas tahun ini tambah seru adalah ebay.blanja.com. Saya belum pernah belanja di eBay dan akhirnya jadi penasaran. Alhasil enggak berhenti deh lihat-lihat dan menemukan keseruan lain, di ebay.blanja.com bisa cari mainan dari Action Figures sampai produk Fashion termasuk parfum Victoria Secret asli dari USA. Produk digital (gadget), otomotif, rumah tangga, olahraga juga ada. Saya perhatikan bedanya, produk di ebay.blanja.com enggak saya temui di e-commerce lain. Lagipula siapa tak kenal eBay untuk urusan belanja online. Reputasinya sudah terpercaya dan dengan belanja produk eBay di Blanja.com transaksi bisa lebih mudah, enggak harus pakai kartu kredit karena bisa pakai TCash dan transfer bank. Nah kalau yang ini saya masih sebatas menelusuri saja. Tapi jadi ingin nabung untuk nanti beli parfum Victoria Secret. Daripada ngerepotin teman titip beli di USA (titip kalau ada teman ke sana maksudnya), kalau ada cara lebih mudah kenapa enggak, cukup transfer aja. 

Inovasi e-commerce untuk berikan penawaran beda adalah keseruan yang bikin saya penasaran saat Harbolnas kemarin. Ada Flash Sale berdasarkan jam-jam tertentu, ada Hot Deal dengan TCash, yang saya dapati di Blanja.com.

Nah, ternyata Harbolnas belum berakhir. Momennya sih memang sudah selesai 14 Desember 2016 lalu. Tapi soal keseruan belanja online dengan beragam penawaran unik, ternyata masih berlangsung. 

Sehari setelah Harbolnas, saking penasaran saya akses lagi Blanja.com dan masih ada saja penawaran menarik. Seminggu setelah Harbolnas pun situs belanja online yang dikelola Telkom Indonesia ini pun masih belum puas berikan penawaran seru lainnya. Belanja seru serasa Harbolnas sepanjang waktu ini namanya. Enggak ada salahnya kok lihat-lihat, cuci mata, kalau buat saya bikin wishlist itu menghibur, sambil pelan-pelan tambah rekening belanja. Kalau sekerang sih hibur diri sambil tunggu kompor gas pesanan sampai di tangan. (WAF)






You Might Also Like

2 comments:

Timo mengatakan...

Mbakkkk aku ga dibeliin kaos berkerah jugaaa? #eh *kabuuur* :D

wawaraji mengatakan...

hahahaha enggak tau ukurannya sih #ngeless