Sensasi Mongolian Barbeque Lengkapi “Staycation” Best Western Mangga Dua

17.40.00 wawaraji 7 Comments

Akhir pekan bersantai di hotel bareng keluarga, staycation, menjadi cara paling praktis mencari hiburan seru. Tentu saja harus disiapkan budgetnya untuk rekreasi keluarga.Hotel yang siap melayani seluruh anggota keluarga, terutama untuk kaum istri/ibu yang selalu saja sibuk dengan urusan rumah tangga, akan menjadi hadiah indah akhir pekan. Jadi, selalu ada alasan untuk staycation. Lepas penat di akhir pekan bagi para pekerja yang sibuk atau hiburan singkat untuk keluarga atau pasangan.

Saya mulai gemari staycation dua tahun belakangan. Awalnya, gara-gara ikut community gathering dengan salah satu aplikasi pesan hotel dalam hitungan jam. Konon katanya, staycation makin jadi tren. Banyak orang pesan hotel “last minutes”. Capek kerja, butuh hiburan, atau memang punya anggaran bersenang-senang dalam waktu terbatas, tinggal klik, pesan hotel, rileks deh dua hari semalam misalnya.

Memang butuh anggaran khusus untuk rekreasi semacam ini. Sebagai pilihan dari jalan-jalan ke mal plus makan dan godaan belanja beli ini-itu yang belum tentu perlu. Atau pilihan makan bersama keluarga di restoran favorit. Nah kalau rekreasi ke hotel, dengan bayar satu kamar  untuk keluarga, ditambah anggaran makan malam, semua fasilitas tersedia, bisa bersantai bareng orang tersayang dengan pelayanan lengkap. Tinggal pilih saja hotel sesuai anggaran, selain memperhitungkan fasilitas pendukung (tanpa dipungut biaya) supaya rekreasi komplit, misalnya kolam renang.

Rekreasi staycation di hotel inilah yang juga jadi pilihan keluarga saya. Pernah, saya hunting hotel, berburu harga promo, demi menikmati pelayanan yang bikin rileks di akhir pekan. Karena kami sekeluarga suka berenang, fasilitas hotel seperti kolam renang selalu jadi incaran. Tapi kalau anggaran tak cukup, apa daya, cari sesuai kemampuan saja. Nah, pernah suatu waktu, dengan harga hotel sesuai anggaran kami berakhir pekan. Tak disangka kami bisa menikmati kolam renang yang tersedia di hotel tetangga, yang ternyata masih satu kelompoknya. Rejeki memang takkan tertukar.

Staycation di Best WesternMangga Dua

Rejeki, ketika saya akhirnya bisa staycation untuk rekreasi. Atas undangan teman baik, saya bisa menikmati menginap semalam di akhir pekan. Kali ini enggak bareng keluarga, tapi ajak teman saja, berbagi rejeki namanya.

Best Western Mangga Dua Hotel & Residence. Dari nama lokasinya, saya sudah membayangkan hotel ini terletak di kawasan bisnis dan belanja. Suasana yang mungkin akan saya dapati adalah, hotel yang menjadi tempat transit para pebisnis atau menginap untuk urusan pekerjaan. Benar saja, memang hotel ini masuk kategori hotel bisnis. Namun dari konsep, suasana, fasilitas yang ada, Best Western Mangga Dua nyaman untuk rekreasi keluarga.

Fasilitas hotel ini memenuhi berbagai kebutuhan rekreasi keluarga. Kamar yang luas, ukuran kasur yang variatif bisa untuk orangtua dengan tiga anak, makanan yang sangat beragam pilihannya dari makanan tradisional hingga western  food.

Sementara yang paling dicari keluarga saat rekreasi biasanya kolam renang. Hotel ini punya kolam renang semi outdoor dengan city view. Jadi buat yang khawatir kepanasan, tenang saja, takkan terjemur sinar matahari langsung ada atap di atas kolam di ruangan terbuka.Fasilitas lainnya adalah Bhuvana Spa untuk rileksasi dengan pijat tradisional Indonesia, sauna, juga gym untuk membakar kalori. Semua fasilitas ini berdekatan di lantai F1 dan F2.

Soal kamar, Best Western Mangga Dua yang merupakan jejaring hotel internasional berpusat di Phoenix, Arizona ini punya 4 tipe kamar: Superior, Deluxe, Super Deluxe, dan Suite. Dyah Annisa, Marketing Communication Best Western Mangga Dua Hotel & Residence menjelaskan perbedaan kamar yang tersedia. Total kamar tersedia 168.

Untuk keluarga berjumlah lebih dari 3 orang, bisa memilih Super Deluxe, dengan dua kasur ukuran queen atau twin queen bed. Lega dan nyaman tidur tanpa berdesakan dan tidak perlu membayar kasur ekstra. Area kamar juga lebih luas meski sebenarnya kamar Deluxe untuk dua orang saja sudah bikin leluasa bergerak di dalam kamar.  Untuk kamar Superior harga per malamnya 1,5 juta, Deluxe harganya 1,6 juta sementara Super Deluxe 1,8 juta.

Jika punya budget ekstra, sesekali barangkali ingin mencoba kamar Suite. Bedanya jelas ruangan lebih luas, bath tub, tersedia ruang tamu, cocok untuk kumpul keluarga. Harganya 2,3 juta.

Hotel bintang empat ini juga punya banyak kamar dengan city view. Memandang kota Jakarta dari hotel yang satu gedung dengan apartemen ini bikin menginap jadi punya sensasi tersendiri.

Soal sensasi, ada yang pelengkap staycation di hotel ini. Makanan di Best Western Mangga Dua begitu banyak pilihannya. Saya sampai sulit memutuskan mau makan apa, baik makan malam dengan paket Mongolian Barbeque atau sarapan dengan aneka hidangan khas Indonesia dan makanan khas barat.

Saya mulai jelajah kuliner di hotel ini dengan paket Mongolian Barbeque. Paket ini tersedia hanya Jumat dan Sabtu mulai pukul 18:00 seharga Rp 135.000 all you can eat termasuk minum dan pencuci mulut seperti buah dan kue manis.

Sensasi Barbeque di hotel ini adalah terletak pada sausnya, yang dibuat khusus oleh chef dengan racikan saus sambal, tomat, dan rempah. Rasa saus Mongolian Barbeque Best Western Mangga Dua, buat saya pas di lidah, ringan, tidak terlalu pedas, asam dan manisnya pas.

Saus bercampur sayuran dan seafood bikin makan malam staycation saya makin lengkap. Apalagi pilihan ikan, daging putih dan merah, lengkap dan segar. Saya makin menikmati makan malam dengan banyaknya pilihan sayuran segar aneka warna. Mantap.

Tak berakhir di makan malam, saat sarapan pun tak kalah nikmat. Saya sampai bingung menentukan pilihan menu. Mata tertuju ke nasi uduk Jakarta. Ah tapi saya tidak memilihnya, sudah biasa makan di rumah, tapi memang agak takjub tersedia di hotel bintang empat dengan lauk nasi uduk yang lengkap. Bubur ayam, soto ayam juga saya abaikan.

Saya pilih makan telur dadar yang dibuatkan panas dari penggorengan. Nasi goreng jadi pilihan lainnya untuk menu utama sarapan saya. Lantaran ingin mencicipi menu lain, saya pilih juga mihun goreng. Mihunnya enak, sayang nasinya agak kering dan kurang pas selera saya. Sayuran tetap jadi pilihan utama sarapan pagi itu.

Banyak menu yang tidak saya cicipi karena menakar daya tampung perut saya. Tapi saya tidak bisa tahan godaan bubur sumsum dan aneka rebusan seperti pisang, jagung, ubi. Ah lidah saya memang sangat Indonesia.

Saya jelas mengabaikan roti-rotian yang tersedia. Tidak cocok dengan perut saya apalagi saya sangat lapar. Buah menjadi pilihan lainnya saat sarapan, selain minuman jus jeruk dan diakhiri dengan ngobrol pagi ditemani teh dan rebusan ubi, pisang, jagung.

Abaikan roti, pilih rebusan saja, lidah Indonesia.
Lengkap sudah staycation saya 28 Agustus 2016 lalu di kawasan Mangga Dua. Cukup istirahat, cukup makan, lalu lanjut beraktivitas hari Minggu, menjadi moderator sebuah talkshow. Malam minggu menyenangkan dengan sensasi berbeda di Best Western Mangga Dua.