Sudah Berikan Kenyamanan, Hotel Ini Juga Berikan Solusi untuk Keluarga

02.04.00 wawaraji 5 Comments




Agustus 2015, saya berkenalan dengan sebuah hotel di Ancol yang fokus pada pelayanan untuk keluarga, dengan berbagai fasilitas family-friendly, bernama Discovery Hotel & Convention Ancol.  Saya tidak sedang mengulas penuh soal hotel di postingan kali ini.

Saya ingin berbagi cerita bagaimana sebuah hotel yang mengusung hotel keluarga, konsisten dengan imej yang dibangunnya. Mulai dari fasilitas hingga berbagai kegiatan yang erat kaitannya dengan mendukung keluarga.

Soal hotel segmen keluarga dengan berbagai fasilitas mendukung liburan/staycation keluarga, bagi saya Discovery Ancol berhasil menempatkan diri. Berkali-kali saya datang ke hotel ini, suasana liburan kental terasa dan memang cocok untuk keluarga. 

Kita mulai dari restoran Kembang Goyang di Discovery Ancol. Resto ini menyediakan menu khas Indonesia, juga barbeque, serta berbagai pilihan menu citarasa barat, yang bisa memberikan memenuhi kebutuhan kumpul keluarga. Biasanya satu keluarga punya selera makan berbeda. Semakin banyak pilihan semakin lengkap kumpul keluarga lantaran semua kebutuhan tercukupi. Saya paling suka menu bakaran di restoran ini. Terletak di dekat kawasan pantai, dengan suasana khas Ancol, meski tidak persis berdekatan dengan laut, menikmati hidangan bakaran menjadi lebih nikmat di tempat ini. Udang bakar dengan kulit yang dikupas menjadi hidangan favorit saya kalau datang ke Kembang Goyang.

Area bermain anak dekat dengan kolam renang yang kids-friendly juga bentuk lain kenyamanan untuk keluarga yang ditawarkan Discovery Ancol. Saya pernah menginap di hotel bintang lima yang punya fasilitas bermain anak layaknya berada di mal, namun pada waktu tertentu saja. Nah, Discovery Hotel menyediakan ruangan permanen untuk area bermain anak di sekitar area taman yang luas dekat kolam renang. Keluarga benar-benar bisa menikmati liburan. 

Pilihan ruangan Family Room menjadi fasilitas khas lainnya di hotel ini. Saya membayangkan merayakan kebersamaan keluarga akan lebih menyenangkan di hotel dengan family room yang besar bisa menampung hingga 8-10 orang.

Itu kenyamanan yang ditawarkan hotel ini. Lalu apa maksud memberikan solusi untuk keluarga? Liburan atau bahkan sekadar staycation bersama keluarga dengan beragam fasilitas hotel tentunya memberikan solusi. Tapi bukan solusi itu yang saya maksud.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Discovery Ancol, sebuah hotel untuk keluarga juga memberikan solusi untuk warga dan keluarganya.

Pada Ramadhan, Juni 2016, Discovery Hotel & Convention Ancol turut berpartisipasi dalam kegiatan Pasar Murah Ramadhan oleh Yayasan Artha Graha Peduli.  Yayasan non-profit ini menggelar Artha Graha Pasar Murah Ramadhan 2016 berlangsung sebulan penuh selama bulan puasa. Salah satu kegiatannya berlangsung 17 Juni 2016 di Pademangan Barat Rt 013 RW 010.

Silaturahim dengan warga di Pademangat Barat  menjadi tujuan dari kegiatan CSR ini. Mengambil lokasi dengan radius 2,5 KM sekitar hotel, Discovery Ancol ambil bagian memberikan sembako dan daging murah untuk warga demi memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga jelang Lebaran.
Kolaborasi Yayasan Artha Graha Peduli  (AGP) dengan Taman Impian Jaya Ancol dan Discovery Hotel & Convention Ancol ini semakin memperluas jangkauan penerima bantuan. Kegiatan memberi bantuan kepada warga ini sendiri sudah berlangsung 25 tahun oleh AGP. 

Pada 2016, kegiatan AGP berlangsung mulai 31 Mei, bekerjasama dengan Indofood dan Induk Koperasi Kepolisian (Inkoppol). Sasarannya Jabodetabek dan total 2000 titik seluruh Indonesia.

Kegiatan ini merespons kondisi saat ini dengan tingginya harga barang konsumsi yang pada akhirnya tak terjangkau warga kelas ekonomi menengah bawah. Kebutuhan daging jelang Lebaran misalnya, harganya mencapai Rp 120.000 per kg. Melalui kegiatan kepedulian sosial ini, warga bisa membeli daging hanya dengan harga Rp 70.000 per kg.

Sedangkan untuk sembako berisi beras, mi instan, minyak goreng, dan gula harganya ditekan menjadi Rp 25.000 per paketnya. Sembako dan daging murah inilah yang disebarkan AGP bersama berbagai mitranya untuk memberikan solusi untuk warga. 

Discovery Hotel & Convention Ancol pun ambil bagian dengan menyerahkan 300 paket sembako dan 50 kantong daging dengan 1 kg daging per kantongnya  di Pademangan Barat. Keluarga di sekitar hotel pun bisa menikmati hidangan lebaran yang khas dari bantuan ini.


Dok. Discovery Hotel & Convention Ancol


Dari media sosial dengan tagar #PasarMurahAGP #OperasiPasarAGP #AGPDagingMurah saya pun mendapati gambar menyentuh ini. Kalau Discovery Hotel & Convention Ancol berpartisipasi membagikan bantuan di Pademangan Barat, ada juga gambar yang menunjukkan pembagian untuk para prajurit hingga di pedalaman Lampung.

Dengan berbagai persiapan Lebaran, semoga saja kebutuhan pokok warga bisa terpenuhi dari kegiatan ini. Terutama bagi warga yang masih kesulitan mengonsumsi daging, setidaknya bisa menghidangkan makanan mewah bagi sebagian orang khusus untuk Lebaran. 

Warga jadi bisa memasak semur daging atau rendang barangkali untuk perayaan Lebaran nanti.

Saya jadi ingat semur daging yang selalu ada di buffet restoran Kembang Goyang hotel resor ini. Rasanya khas semur daging Betawi. 

Semoga saja bantuan di bulan Ramadhan ini memberi solusi untuk warga, termasuk yang tinggal di lingkungan hotel radius 2,5km. Akhirnya kenikmatan semur daging khas yang bisa dirasakan tamu hotel bernuansa Betawi ini juga bisa dinikmati warga, dengan masakan khas versi keluarga masing-masing tentunya.








You Might Also Like

5 comments:

Dee - @HEYDEERAHMA mengatakan...

Wah berbisnis sambil memberikan dampak positif ke masyarakat ya ˆ_ˆe

zata ligouw mengatakan...

Wah aku malah belum pernah ke Discovery hotel mba Wawa. Salut soal juga soal CSR-nya dan jadi penasaran bawa keluarga ke sana..

wawaraji mengatakan...

hai thx udah mampir yaa...semoga aja csr nya lbh berdampak lg ke depan yaaa

wawaraji mengatakan...

hai mb zata aku pun blom pernah nginep bawa keluarga sih. tp nginep urusan kerja hehehe. cm kebayang aja serunya kalau bawa keluarga

Kang Nurul Iman mengatakan...

Kalau di saya mah belum ada acara pasar murah, padahal di tempat saya juga ada banyak orang yang tidak mampu untuk membeli makanan pokok.