Cara Hijabers Mom Community Bekasi Tambah Wawasan Perempuan

17.12.00 wawaraji 4 Comments

Pendiri HMC, Najua Yanti, Monika Jufri, Hannie Hananto bersama Tika Bisono, Nia Paramitha dan Panitia HMC Bekasi Day 2016. Foto:  Dok: Wardah Fajri/Bloggercrony


Perempuan dengan peran gandanya menjadikannya sosok istimewa yang selalu punya cara menjawab berbagai tantangan. Ya, sebagai ibu, istri, anak perempuan juga sebagai dirinya sendiri. Bagaimana perempuan meningkatkan kualitas dirinya, menambah wawasan untuk menjawab semua tantangan di depan matanya, bukan hal mudah. Namun, dengan keistimewaannya, banyak cara dan banyak orang peduli untuk memfasilitasi perempuan. Salah satunya kegiatan Hijabers Mom Community atau HMC Bekasi dalam kegiatan #HMCBekasiDay2016.


Komunitas ibu berhijab yang didirikan oleh hijabers dan desainer busana muslim kenamaan di Indonesia ini awalnya bertujuan mewadahi kalangan ibu yang ingin menambah wawasan soal hijab. Dari syariat hingga gaya berhijab. Pengajian pun menjadi kegiatan utama HMC, seperti diceritakan oleh salah satu pendirinya Najua Yanti Ramadhan.


Najua mengatakan, kegiatan syiar Agama adalah yang utama di HMC. Lalu berkembang menjadi berbagai kegiatan yang diinisiasi oleh HMC cabang di berbagai daerah, berdasarkan kreativitas hijabers mom. Salah satu syiar Agama adalah memakai hijab. Para ibu berhijab haus wawasan mengenai cara dan gaya memakai baju muslim yang membuatnya bisa tampil lebih percaya diri namun tetap santun dan sesuai syar’i.

Pendiri HMC (kiri-kanan) Monika Jufri, Hannie Hananto, Najua Yanti.  Dok: Wardah Fajri/Bloggercrony


Lantaran para pendiri HMC adalah desainer, selain Najua, yakni Hannie Hananto, Monika Jufri, Irna Mutiara, maka kebutuhan ibu berhijab mengenai cara berpakaian muslim dengan mudahnya terpenuhi.  Sambil kumpul mengaji, berbagi pengetahuan cara berbusana muslim pun terpenuhi. Inilah yang terus menerus dilakukan hingga usia HMC mencapai empat tahun dan memasuki tahun ke lima pada 2016 ini.


HMC pun menyebar dengan cepatnya, dengan total anggota mencapai 18.000 orang seluruh Indonesia. Cabang di berbagai daerah juga berkembang dengan berbagai program masing-masing. HMC Bekasi yang dikomandani oleh Dedeh Sutisna juga sering mengadakan kegiatan untuk anggotanya.

Ketua HMC Bekasi Dedeh Sutisna berbincang bersama Bloggercrony.  Dok: Wardah Fajri/Bloggercrony

Event perdana pada 2016 adalah #HMCBekasiDay2016 bertema “Beauty in Life” yang membuka wawasan perempuan, lengkap dari urusan dalam hingga tampilan luar. Kegiatan ini pun banjir sponsor dan dukungan founder HMC yang hadir hingga acara berakhir pada 6 Februari 2016 di Hotel Amaroossa Grande Bekasi .


Dedeh mengatakan kegiatan sosial yang utama di HMC Bekasi kerap dilakukan, bisa kapan saja di mana saja, tanpa harus menunggu momen apa pun. Kegiatan positif bisa dilakukan dengan cara sederhana, tak perlu muluk-muluk. Misal gerakan Mukena Bersih, mengumpulkan dan menyalurkan mukena layak pakai ke berbagai tempat ibadah.


Sementara kegiatan HMC Bekasi Day 2016 adalah satu kegiatan kolaboratif yang melibatkan 13 orang panitia, para ibu muda, salah satunya desainer dan pengusaha Chaera Lee dengan label busana muslimnya MeeMaa Style yang gesit melayani tamu dan blogger sebagai undangan juga pendukung kegiatan ini.

Wawasan Luar Dalam untuk Perempuan

Kegiatan #hmcbekasiday2016 bagi saya lengkap membuka wawasan perempuan. Mulai edukasi pemakaian pakaian dalam wanita, yang saya yakin kadang kita sebagai perempuan kerap lalai padahal ada ilmunya memakai pakaian dalam. Bukan semata soal penampilan tapi bagaimana kita merawat bagian tubuh anugerah dari Tuhan. Pasalnya, penggunaan pakaian dalam wanita yang keliru, bisa berdampak pada kesehatan fisik. Dengan mengenali ukuran dan pakaian yang tepat sesuai tubuh kita, misal ukuran dan model Bra yang tepat, maka tulang belakang tak terbebani terlalu berat lantaran pakaian dalam membantu menyangga buah dada.

Urusan dalam sudah dibenahi, beranjak ke bagian luar tubuh. HMC Bekasi Day 2016 memberikan beberapa tips dan cara tampil lebih maksimal. Tak ada yang salah dengan cara perempuan berpenampilan, karena penampilan adalah juga bicara selera dan pilihan. Namun kita juga bisa belajar dan membuka diri menambah wawasan, barangkali ada cara yang cocok dengan kita dan membuat kita tampil lebih kekinian dan semakin percaya diri. Saya sih percaya, penampilan akan mewakili siapa kita dan menggambarkan sebagian dari diri kita meski bukan keseluruhannya.

Tips berkerudung dari Allscraft pendukung HMC Bekasi Day 2016. Dok: Wardah Fajri/Bloggercrony



Soal penampilan, tips make up, tips berkerudung, berbusana semua disajikan lengkap, informatif dan menarik. Saya pun pulang membawa kesan, bahkan pengetahuan yang bisa saya praktikkan sendiri urusan berkerudung. Benar saja, saya tampil beda dan berbuah pujian pula.

Nah, yang paling penting dari kegiatan HMC Bekasi Day adalah wawasan pengasuhan anak. Kalau sudah tampil cantik maksimal jika ditambah wawasan luas, perempuan semakin istimewa. Karena sebagai ibu dan istri yang berwawasan, perempuan akan lebih mudah menjalankan multiperan.
Diskusi parenting terkait gadget dan kontrol orangtua menghadirkan psikolog Tika Bisono sungguh pengalaman bermanfaat. Saya sendiri beberapa kali mengikuti talkshow bersama Tika Bisono, terutama terkait pekerjaan saya terdahulu sebagai pewarta. Namun kini terasa beda, kumpul bersama kaum ibu, berkomunitas, dan mendapatkan wejangan bermanfaat dari ahlinya, sungguh luar biasa. Kesempatan baik sekali jika kaum ibu sesering mungkin bertemu pakar, belajar langsung dari ahli dan mulai mempraktikkan sehari-hari.


HMC Bekasi Day buat saya meninggalkan banyak kesan, yang pasti perempuan semakin terfasilitasi untuk mencerdaskan diri. Sayang sekali kalau kesempatan seperti ini terlewati. Apalagi banyak pakar hadir. Fashion Show dari desainer ternama Indonesia hingga desainer pemula pun semakin menambah semarak kegiatan ini. Melihat keindahan, kecantikan, dan kreativitas tinggi desainer busana muslim Indonesia sungguh membuat bangga dan merasa ingin menjadi bagian darinya. Setidaknya, mengenal koleksi busana muslim yang beragam, tinggal pilih sesuai selera, meski memang sebagian harus dibeli dengan menabung lama. Bagaimana pun dukungan kita terhadap mereka adalah dukungan terhadap produk lokal juga bukan? Tak semata soal tren berpakaian atau sekadar ikut kekinian.


#hmcbekasiday2016
#BloggerView #Bloggercrony   

You Might Also Like

4 comments:

Wardah Fauziyah mengatakan...

wah keren ya acaranya. HMC basisnya syiar, semoga makin banyak muslimah yang mengenakan hijab. semoga makin banyak acara keren dan inspiratif lainnya yang mengajak blogger crony untuk ambil bagian meliput. :D

wawaraji mengatakan...

Amiiiin.... udah dua kali ikut acara HMC, emang selalu seru dan dapet ilmu

Indri Noor mengatakan...

Seru ya mba acaranya, paket komplit :)

wawaraji mengatakan...

lengkap bgt mbak indri dan byk sponsor..kecipratan juga deh seluruh pengunjung