Kreatifnya Copywriter, Iklan Rokok dan "Mood Booster"

07.21.00 wawaraji 10 Comments


Saya salut dengan para copywriter yang bisa menciptakan tagline juga kata-kata singkat yang inspiratif dalam sebuah iklan. Saya juga punya teman copywriter yang keren, namanya Alia. Di hari-hari akhir saya bekerja sekantor dengannya, saya baru bisa mengenalnya lebih banyak. Pertemuan saya dengannya saya yakin sudah direncanakanNYA. Dan saya pun merasa beruntung bisa dipertemukan dengan caraNYA dan berbincang lama dengan Alia karena saya mengenal sisi lain dunia copywriting yang seru menantang. Berkat pertemuan itu, saya pun makin tertarik dengan dunia menulis yang satu ini. Setelah sebelumnya saya lebih banyak mengamati sendiri.


Salah satu karya copywriter yang bagi saya selalu keren dan inspiratif adalah iklan rokok. Sebenarnya saya menyayangkan sekaligus mempertanyakan kenapa sih lebih sering iklan rokok yang kata-katanya selalu sukses jadi "mood booster" setidaknya bagi saya. Entah yang menggambarkan serunya bertualang, adventuring, hingga dorongan untuk menjadi pengusaha. Kenapa saya bilang "sayangnya", karena saya menolak menjadi perokok pasif apalagi aktif.


Inilah canggihnya copywriter yang selalu mendapat tantangan menciptakan tagline atau materi iklan. Menurut saya, iklan rokok memberikan tantangan lebih karena produk rokok dilarang beriklan terkait produk. Perhatikan saja,  semua produk rokok beriklan tentang isu lain, ada pesan khusus yang mereka sampaikan, dan kebanyakan menjadi "mood booster" bagi audiensnya. Bagaimana tidak? Iklan TV yang menggambarkan seseorang bertualang seru, berwisata yang tak biasa, menembus batas, pastinya akan membuat pemirsa membayangkan kesenangan dan membuat dia memimpikan ingin melakukan hal serupa. Akhirnya semangatnya kembali muncul, mood  booster.


Saya jadi berpikir, mungkin keyword yang diberikan kepada para copywriters itu adalah "ciptakan iklan yang bisa jadi mood booster" karena mungkin produk rokok bagi sebagian besar orang menjadi semacam "penyemangat" aktivitas. Jadi, ada satu benang merahnya antara materi iklan yang beragam itu dengan produknya, yakni mood booster.


Ah, ini sih hanya analisis dari orang awam macam saya yang "doyan" mengamati saja. Ini muncul gara-gara saya mendapatkan mood booster dari satu lagi iklan rokok, gak perlu saya sebutkan lah yaaa karena sekali lagi saya tidak mendukung dan MENOLAK ROKOK. Yang pasti, iklan tv ini baru, karena penayangannya diputar berulang di waktu berdekatan tipikal iklan baru di layar kaca.


Ini kata-katanya:
Ini AkuMeninggalkan kepastian untuk mengejar mimpiku

Ini AkuMenolak Sebuah Kesempatan untuk membuka jalanku sendiri

Ini Aku Berdiri di atas kakiku sendiri untuk memulai perjalananku

Make It Your Journey


Jadi silakan cari sendiri mereknya ya. Saya hanya menangkap pesan baiknya tentang dorongan, penyemangat untuk Make It Your Journey. Bahwa anak muda juga punya pilihan untuk menciptakan perjalanannya sendiri. Iklan TV ini bercerita tentang tiga pria muda yang memutuskan menjadi pengusaha alih-alih menjadi karyawan.
Kenapa ini menjadi penyemangat buat saya? Karena saya berada di posisi tersebut. Saya baru 15 hari meninggalkan status karyawan. 

Meninggalkan kepastian, kepastian gaji, kepastian karier, kepastian bonus, kepastian fasilitas dan lainnya yang biasa didapatkan karyawan dari perusahaannya. Menolak kesempatan untuk mungkin perusahaan mau memikirkan kembali status saya, jenjang karier saya menjadi lebih tinggi, tapi saya meninggalkannya karena memang tidak ada kepastian juga nyatanya. Keputusan untuk berdiri sendiri menjadi pekerja mandiri, memulai perjalanan baru.


Ya, perjalanan baru sebagai pendiri dan pengelola komunitas, juga eventplanner bidang yang bukan hal baru karena saya mengawali pekerjaan usai lulus kuliah sebagai staf event organizer tepatnya pada tahun 2005. Beberapa kali memutuskan menjadi freelancer pun saya memilih bergabung di EO. Menciptakan event, memikirkan event yang menarik adalah pengalaman lama yang saya perbarui kembali kini.


Make It Your Journey menjadi kata kunci, tagline yang diciptakan copywriter bayaran produk tersebut, yang sangat dekat dengan saya dan menjadi mood booster. Bahkan kata perjalanan juga  saya pilih untuk mewakili keputusan saya menjadi pekerja mandiri. Teman kantor pun memberikan hadiah perpisahan dengan kata-kata "Trip" mereka mendoakan saya menikmati perjalanan yang baru ini dengan menghadiahi saya barang-barang yang identik dengan sebuah perjalanan seru menyenangkan: bantal, syal, handuk, sandal jepit. Ah serasa saya akan menelusuri perjalanan seru menuju pantai yang sangat indah atau pegunungan yang sangat sejuk dan menyegarkan. 



Sebuah iklan bisa menjadi mood booster, inilah yang selalu saya dapati, sayangnya dari iklan rokok. Bahkan ada juga produk serupa yang menciptakan tantangan wirausaha. Mungkin tantangan, perjalanan seru dan berbeda selalu identik dengan wirausaha, karena di luar itu perjalanan tetap menantang namun tak seseru perjalanan kemandirian yang penuh ketidakpastian. Ketika seseorang akhirnya memutuskan menembus ketidakpastian, mereka mungkin butuh penyemangat terus menerus lantaran perjalanannya tak selalu mudah, dinamis, dan tak bisa ditebak seperti perjalanan lainnya.


Dan benar saja, pesan-pesan penyemangat itu, bagi saya, ampuh dan membuat saya semakin tertantang dengan perjalanan ini. Menjadi pekerja mandiri. I will Make It,  This is My Journey.





You Might Also Like

10 comments:

Oline mengatakan...

Good luck ya mba Wawa for your new journey :)

wawaraji mengatakan...

hai Oline...thanks yaaa udah mampir dan kasih semangatnya...

Timur Matahari mengatakan...

Iklan rokok semuanya keren dan menarik serta banyak pesan penyemangat di dalamnya.

Intan Rosmadewi mengatakan...

Makna kata - kata itu memikat, sebagai mood booster, Mbak akan sia - sia. Maka cari makna indah yang hakiki. keren Mbak. Menjadi Pekerja Mandiri.

Fubuki aida mengatakan...

Baca tulisanmu mb. Jadi dpt mood booster :-)

wawaraji mengatakan...

ah senangnya ada Bunda Intan, hanupis selalu senang dg perhatian ibu.... Mbak Aida, aih aku jadi tersanjung semoga bermanfaat yaaaa...Timur Matahari, salam kenaaaal senang bisa bertemu di sini...salam

wawaraji mengatakan...

hai Oline...thanks yaaa udah mampir dan kasih semangatnya...

Sari Novita mengatakan...

Akhirnya saya menemukan blog pribadi Mbak...aku dr dulu pengen jd copy writer tp kurang kece euy saya..hehe

Agung Han mengatakan...

Rokok apa ya kira2?? menyimak :)

wawaraji mengatakan...

hai mbak Sari...hehehe sy mah blogger newbie...baru mulai update2 lagi blog pribadi yg terbengkalai dengan tulisan2 yg berceceran di mana2 lg berusaha dikumpulkan hahaha.... hhmm noted, aku pun penasaran sm dunia copywriting...gak mau janji tapi doakan aja ada rencana soal itu nanti hehehe....

mas Agung, inisialnya D...hahahhaa